Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Melakukan Sosialisasi Tentang Bahaya Varian Baru Covid-19 dan Pentingnya Protokol Kesehatan

Sosialisasi dengan Media Poster

Semarang, (21/01/2022) — Wabah COVID19 kembali memuncak. Naiknya mobilitas masyarakat, mengendornya prosedur dan ketaatan akan protokol kesehatan di semua lini, dan masuknya varian Alfa dan Delta yang lebih cepat penyebarannya menyebabkan kasus positif harian terus meninggi. Terlepas dari keberhasilan yang telah dicapai dimana angka penyebaran sudah mulai menurun, muncul kabar dan isu dimana ada virus baru yang mulai muncul dan tersiar kabar tentang adanya gelombang 3 Omicron.

Meski vaksin telah diberikan, bahkan telah ada vaksin booster untuk penguat bagi kalangan petugas medis, pemerintah tetap menggalakkan masyarakat, dari lapisan teratas hingga paling bawah untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, antara lain mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.

Dengan adanya permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip menanggapi dengan melakukan edukasi dan sosialisasi ringan terkait pentingnya menerapkan protocol kesehatan dalam upaya mengurangi penyebaran virus Covid-19. Kegiatan dilakukan pada warga RW 9 Kelurahan Gajahmungkur dengan media poster tentang protocol kesehatan yang didasarkan dari WHO.

Harapannya dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat memberikan andil bagi lokasi KKN pada khususnya dan mendukung program pemerintah pada umumnya dalam kaitannya dengan mengurangi penyebaran covid-19.

Penulis : Narayana Abdullah