Penyebaran varian OMNICRON meningkat, Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2021/2022 membuat alat hand sanitizer otomatis dengan harga terjakau untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Semarang (02/02/2022) – Kasus penyebaran Covid-19 per 1 Februari 2022 bertambah sebanyak 16.021 kasus positif. Penyebaran varian OMNICRON meningkat sangat pesat, khusunya di kota-kota besar yang biasanya dijadikan tempat-tempat wisata atau kota-kota vital. Semarang merupakan salah satu kota vital karena merupakan ibu kota Jawa Tengah dan juga merupakan kota pelajar.

Untuk mengurangi penyebaran varian omnicron dibutuhkan ketaatan melaksanakan prokes. Salah satunya yaitu dengan cara mencuci tangan. Dengan mengunakan handsanitizer dapat mengurangi presentasi penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi tidak semua orang memiliki atau membawa hand sanitizer disetiap saat.

Tempat umum seperti lapangan atau kantor kelurahan merupakan tempat yang sering dikunjungi. Kita tidak dapat mengetahui darimana orang-orang itu datang atau apa saja barang telah mereka sentuh. Untuk mencegah penularan virus melalui sentuhan kita dapat menggunakan hand sanitizer otomatis.

Alat Hand SAnitizer Otomatis

Dengan demikian, kami memiliki ide untuk membuat hand sanitizer otomatis dengan harga yang terjangkau. Hand sanitizer otomatis ini dapat menyala dengan mendekatkan tangan ke sensor yang ada pada kran sehingga tidak perlu menyentuh apapun. Dengan harga yang terjakau yaitu dibawah RP 50.000

Penulis: Muhammad Irsyad Annafi

DPL: Bagus Rahmanda, S.H., M.H.