Mari Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Daging Ayam!! Yuk Pandai Dalam Memilih Daging Ayam ASUH Bersama Mahasiswa UNDIP

Semarang (08/02/2022) – UNDIP kembali mengadakan Kuliah Kerja Nyata dengan menerjunkan mahasiswa KKN Tim I pada bulan Januari – Februari tahun 2022. Pada KKN kali ini bertemakan tentang “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid’19 Berbasis SDG’S”. Oleh sebab itu, sebagai bentuk kepedulian di masa pandemi virus Covid – 19 ini mahasiswa KKN UNDIP berupaya melakukan kegiatan edukasi tentang menjaga imunitas tubuh melalui konsumsi daging ayam dengan cara memilih daging ayam yang masuk ke dalam kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal). Program ini dilakukan dengan tujuan mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dengan memilih hidup yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia.
Pada masa pandemi ini masyarakat berharap mendapatkan kebutuhan pangan yang terbaik untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Biasanya masyarakat memilih kebutuhan pangan salah satunya daging ayam dengan cenderung asal-asalan atau berdasarkan kebiasaan yang belum tentu dari proses penanganan yang baik. Daging ayam itu sendiri merupakan salah satu bahan pangan asal hewani yang sering dikonsumsi dan digemari oleh masyarakat. Memilih daging ayam yang masuk ke dalam kriteria ASUH yaitu aman, sehat, utuh, dan sehat memiliki pengertiannya sendiri-sendiri. Aman berarti tidak membahayakan konsumen dari keberadaannya, aman merupakan pangan yang tidak mengandung bahaya biologis, kimiawi dan fisik atau bahan-bahan yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Bila daging. Bila daging dikatakan “sehat” jika memiliki zat-zat yang berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Utuh, jika daging tidak tercampur dengan bagian lain dari hewan tersebut atau bagian dari hewan lain. Halal berarti diperoleh dari ternak yang tidak diharamkan, disembelih sesuai dengan syariat Islam. Sasaran program dari Mahasiswa KKN Tim I UNDIP melakukan sosialisasi secara door to door pada Hari Selasa (08/02/2022) yang menargetkan ibu-ibu dan pelaku UMKM seperti warung makan di RT 1, RW 2 Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Semarang. Selain itu, pembagian leaflet tentang materi daging ayam yang masuk dalam kriteria ASUH terhadap masyarakat sekitar RT 1, RW 2 Kelurahan Plombokan, KecamatanSemarang Utara, Semarang.

Penulis: Dyas Puspita Sari, mahasiswa Peternakan, KKN Tim 1 Undip 2022, Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara.
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Drs. Suroto, M.Pd.