KREATIF HADAPI PASCA PANDEMI, MAHASISWA KKN UNDIP LATIH MASYARAKAT INOVASI TEH TELANG

Salah satu target pemerintah pasca pandemi COVID-19 adalah kebangkitan ekonomi termasuk dalam UMKM. Oleh karena itu diperlukan inovasi dan adaptasi dalam produk sehingga sektor perekonomian dapat segera bangkit. Produk Kesehatan merupakan salah satu yang bisa dijadikan opsi untuk dikembangkan.

Bunga Telang merupakan tanaman yang memiliki berbagai manfaat, tanaman banyak ditemukan di daerah hutan maupun di pekarangan rumah penduduk yang kerap dijadikan tanaman hias, tak terkecuali di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan.

Bunga Telang, kebanyakan tanaman dijadikan tanaman hias, pewarna alami dan beberapa merupakan tanaman liar. Bunga telang memiliki berbagai kandungan zat bermanfaat bagi kesehatan seperti antioksidan, antiinflamasi dan antikanker. Oleh Karena itu mahasiswa KKN Undip memperkenalkan inovasi minuman herbal yang memnafaatkan bunga telang sebagai teh biru. Selain unik, minuman ini dapat menjadi salah satu booster untuk dapat memelihara kesehatan di masa pandemi.

Kegiatan diawali dengan pemberian edukasi mengenai manfaat bunga telang beserta peluang usaha yang dapat dikembangkan kepada warga RW 01 Desa Simbatan. Lalu dilanjutkan dengan pemberian sampel produk yang sebelumnya telah disiapkan oleh mahasiswa KKN Undip beserta dengan cara pembuatan produk teh bunga telang. Informasi yang disampaikan disambut dengan positif dengan warga, harapannya program yang dilakukan ini dapat menjadi pancingan bagi warga Desa Simbatan untuk dapat mengembangkan ide usaha pemanfaatan bunga telang.

Proses pembuatan teh bunga telang

Penulis : Muhamad Farid Husen (FKM Undip)

DPL : Rabith Jihan Amaruali, S.S, M.Hum (FIB Undip)