SALAM SEHAT ! MARI GERAKKAN HIDUP SEHAT UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS, MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP GELAR SENAM DAN BAGIKAN PAKET SEHAT

Semarang (06/02/2022) – Pandemi Covid – 19 semakin hari semakin kian meningkat di Indonesia. Di Jawa Tengah khususnya kota Semarang (08/02/2021) warga yang terinfeksi Covid – 19 Varian Omicron mengalami peningkatan yang signifikan. Varian Omicron diketahui memang lebih cepat penyebarannya dibanding dengan varian sebelumnya, delta.
UNDIP kembali mengadakan Kuliah Kerja Nyata dengan menerjunkan mahasiswa KKN Tim I pada bulan Januari – Februari tahun 2022. Pada KKN kali ini bertemakan tentang “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid’19 Berbasis SDG’S”. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berupaya mengadakan “Kampanye Gerakan Hidup Sehat” melalui senam dan pembagian paket sehat dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2022 di Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.
Menurut pernyataan Bu Sofia, selaku Lurah Kelurahan Plombokan, warga yang sudah di vaksin telah mencapai 85%, namun karena warga merasa sudah wabah Covid-19 sudah mereda dan tidak adanya kasus Covid-19 di daerah tersebut, mereka jadi lalai dalam menjaga imunitas tubuh dan protokol kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, dengan jumlah usia rentang yang terkena Covid-19 cukup banyak, serta anak-anak yang mendominasi maka dirasa cukup penting untuk membentuk kebiasaan yang baik, salah satunya menjaga imunitas tubuh melalui olahraga dan menjaga pola makan sehat untuk imun yang kuat.
Meningkatkan imunitas tubuh bertujuan agar terhindar dari virus Covid – 19 sudah menjadi hal yang sangat penting saat ini. Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas dapat dilakukan dengan berolahraga. Kementerian Kesehatan dan juga Kementerian Keolahragaan Indonesia, bahkan badan organisasi dunia World Health Organization (WHO) memberikan suatu panduan berolahraga di tengah masa pandemi agar masyarakat tetap berolahraga demi kesehatan meskipun di tengah masa pandemi ini. Dari uraian tersebut jelas bahwa olahraga kesehatan menjadi salah satu aspek penting dalam memerangi penyebaran covid-19. Beberapa penelitian telah mengungkapkan olahraga kesehatan dapat meningkatkan sekresi hormon endorphine sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tidak mengherankan jika olahraga kesehatan masuk empat kegiatan penting yang dianjurkan pemerintah dalam melawan covid-19. Keempat kegiatan penting tersebut ialah istirahat yang cukup, nutrisi yang baik, penanganan stress dan olahraga.
Sasaran program dari Mahasiswa KKN Tim I UNDIP melakukan Kampanye Gerakan Hidup Sehat” melalui senam dan pembagian paket sehat Hari Minggu (06/02/2022) yang menargetkan warga khusus RW 03 Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Kampanye Gerakan hidup sehat ini mendapatka antuasiasme warga yang cukup besar, sehingga dihadiri oleh warga dengan jumlah yang cukup banyak. Dibantu dengan instruktur senam dari Dosen Undip, Pak Suroto, warga mampu mengikuti kegiatan senam dengan baik dan penuh semangat.

Penulis: Dyas Puspita Sari, mahasiswa Peternakan, KKN Tim 1 Undip 2022, Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara.
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Drs. Suroto, M.Pd.