Mahasiswa KKN Undip Berikan Pendampingan Ibu Hamil Guna Mempersiapkan Generasi Sehat-Cerdas Masa Depan

Tambakrejo, Semarang (11/02/2022) – Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan demi menciptakan SDM sehat dan cerdas di masa depan, dimulai dari seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK) yaitu dari masa kehamilan hingga bayi lahir berumur 2 tahun. Menjaga kesehatan ibu sejak periode hamil salah satunya yaitu dengan mengonsumsi asupan gizi yang baik dan seimbang, menjaga kondisi psikologis agar tidak stres, memperhatikan faktor lingkungan, dan meningkatkan akses terhadap fasilitas pelayanan kesehatan. Pada periode tersebut, pemberian asupan gizi seimbang penting dilakukan agar anak lahir dengan tinggi dan berat badan potensial, memiliki imunitas tubuh yang baik, perkembangan kognitif yang optimal, serta menurunkan risiko obesitas dan penyakit degeneratif di masa dewasa kelak.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, terdapat tingginya angka kejadian anemia pada ibu hamil (>40%). Anemia yaitu ketidakcukupan sel darah merah di dalam tubuh, merupakan salah satu faktor risiko penyebab anak lahir dan tumbuh stunting. Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, disebutkan bahwa pendampingan keluarga berisiko stunting menjadi salah satu kegiatan prioritas rencana aksi nasional.

Untuk ikut serta berperan dalam rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting, mahasiswa KKN Tim I Undip 2021/2022 dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan Bapak Aghus Sofwan, S.T., M.T., PhD yang berlokasi di Kelurahan Tambakrejo, Kota Semarang, Jawa Tengah, mencanangkan inovasi program kegiatan pendampingan ibu hamil yang menjadi salah satu solusi utamanya bagi mereka ibu hamil dengan resiko tinggi. Diketahui bahwa di Kelurahan Tambakrejo terdapat beberapa ibu hamil resiko tinggi sehingga memungkinkan untuk menjadi target dari kegiatan pendampingan ibu hamil. Adapun kegiatan yang direncanakan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan akan pentingnya kesehatan ibu dan anak pada ibu hamil, di mana kegiatan tersebut sudah mendapat persetujuan dari Ibu Dwi Ermawati selaku ketua Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) dan Bapak Setyo Widiatmoko, S.H. sebagai Lurah Tambakrejo.

Pendampingan ibu hamil dilaksanakan secara door to door ke tiga ibu hamil resiko tinggi di RW 06 Kelurahan Tambakrejo dengan menggunakan media edukasi berupa booklet “Buku Praktis Gizi Ibu Hamil”. Selain memberikan edukasi dan penyuluhan gizi ibu hamil serta kesehatan ibu dan anak, dilakukan pula konsultasi kesehatan dan pengecekan tekanan darah menggunakan tensi digital untuk memantau kondisi terkini ibu hamil tersebut. Dalam kegiatan ini mahasiswa didampingi oleh pengurus Posyandu setempat yaitu Ibu Tri, beliau sangat mendukung dengan adanya program pendampingan ibu hamil ini.

Menurut salah satu peserta pendampingan ibu hamil, Ibu Puput, kunjungan yang diberikan sangat bermanfaat dalam menambah ilmu dalam pengaturan kalori dan gizi saat hamil. Harapannya setelah ini, para ibu hamil tersebut dapat lebih memperhatikan asupan gizi sehari-hari dengan adanya buku praktis gizi ibu hamil yang dilengkapi dengan panduan pola makan ibu hamil, rekomendasi menu, kebutuhan gizi dan cara menghitung asupan gizi, sehingga ke depannya mereka secara mandiri mampu menerapkan pola gizi seimbang selama hamil guna mempersiapkan hari melahirkan. Dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki ibu hamil untuk menerapkan pola gizi seimbang, tentunya diharapkan dapat mengoptimalkan kondisi dan kesehatan mereka dan janin yang dikandungnya.

Penulis: Salsabiila Anindita Putri
Mahasiswa S1 Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro