PENDAMPINGAN UMKM DESA CANDIGARON

SUMOWONO – 18 Juli 2017, TIM II KKN Undip Desa Candigaron, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, melakukan pendataan kepada beberapa UMKM di Desa Candigaron. Berdasarkan penuturan dari keenam kepala dusun, terdapat tiga dusun yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM), antara lain Dusun Candi, Dusun Garon, dan Dusun Bodean.

20690216_452348725152413_892819075180164246_o

Pendataan dilakukan dengan mendatangi rumah pemilik UMKM. Dusun Candi terdapat peternakan ayam, tahu bulat, dan kue ketawa, sedangkan di Dusun Garon terdapat produksi semprong dan selep kopi manual. Selain itu, di Dusun Bodean terdapat usaha pembuatan kerupuk pohong, tahu, keranjang sayur, dan produksi batako. Pendataan ini kemudian dianalisis dan dipetakan.

Berdasarkan analisis dari keseluruhan UMKM ditarik kesimpulan bahwa masih banyak UMKM yang belum bisa memanajemen usahanya dengan maksimal. Pemilik usaha kurang memerhatikan pengemasan atau pengenalan merek dalam penjualan. Selain itu, pemilik UMKM kurang memerhatikan harga yang dipatok untuk barang yang diproduksi.

Untuk meningkatkan mutu UMKM, maka TIM II KKN Desa Candigaron menggagas program pengenalan dan tata cara pendaftaran merek serta edukasi manajemen mutu kepada pemilik UMKM. Diharapkan dari program yang dilaksanakan dapat membantu peningkatan UMKM di Desa Candigaron. (Tim Reportase Candigaron)