Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP Menjelaskan Cara Menjaga Protokol Kesehatan Saat di Rumah Makan

Semarang (20/01/2022), Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan krisis di berbagai negara di dunia. Penyebaran virus Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama resmi baru untuk virus corona yakni Covid-19. Situasi ini terus berlanjut hingga saat ini dan sudah memakan banyak korban jiwa. Dengan kondisi seperti ini kegiatan dan aktivitas warga menjadi terbatas sehingga diperlukan penyesuaian mulai dari gaya hidup hingga perilaku sosial. Walaupun pandemi virus Covid-19 belum selesai, sebagian orang mulai kembali makan di rumah makan,restoran, cafe, kedai, dan sebagainya. Apalagi makan bersama keluarga biasanya menjadi salah satu aktivitas quality time pada saat weekend atau liburan.

Sementara, peningkatan kasus penularan virus Covid-19 di Indonesia masih terjadi dari hari ke hari. Perlu diingat bahwa sebelum bepergian, masyarakat untuk mengecek status zona pada tempat rumah makan yang akan dikunjungi. Upayakan sebisa mungkin tidak mengunjungi daerah Zona Merah, sehingga risiko penularan virus Covid-19 bisa diminimalisir. Rahasianya adalah ketaatan menjaga 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan bersih, dan menjaga jarak satu sama lain. Berdasarkan Peraturan Walikota Semarang Nomor 57 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Pencegafian Dan Pengendalian Corona Virus  Disease 2019 (Covid-19) Di Kota Semarang, ditetapkan aturan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat selama di tempat umum dan sanksi yang mengatur apabila terdapat pemilik usaha rumah makan ataupun pengunjung yeng kedapatan melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Mahasiswa Teknik Mesin UNDIP, Gilbert Purba dalam KKN Tim I Universitas Diponegoro berinisiatif memberikan edukasi kepada pengunjung rumah makan tentang penanganan Covid-19 di salah satau rumah makan Kelurahan Gisikdrono Semarang. Diharapkan program kerja yang dibuat ini dapat bermanfaat bagi pemilik rumah makan maupun pengunjung rumah makan. Adapun program edukasi ini bertujuan memberikan informasi tentang cara-cara menjaga protokol kesehatan selama di rumah makan seperti mengecek suhu tubuh sebelum mengunjungi rumah makan, cara mencuci tangan dengan baik, memakai masker pada saat tidak makan/minum, mengusahakan pembayaran non tunai, dan menjaga jarak selama di rumah makan.

Adapun untuk pemberian edukasi kepada pemilik rumah makan dan pengunjung rumah makan tentang menjaga protokol kesehatan melalui poster yang dapat dilihat pada gambar dibawah berikut.

Desain Poster “Protokol Kesehatan Saat di Rumah Makan”
Pemberian Edukasi Kepada Warga Terkait Cara Menjaga Protokol Kesehatan Saat di Rumah Makan

Penulis : Gilbert Fedrick Purba – Teknik Mesin – Teknik 2018

Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti, M.Si

Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

KKN TIM I Universitas Diponegoro Periode 2021/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *