Yuk Mulai Jualan Secara Live! Mahasiswa UNDIP Berikan Edukasi Cara Jualan Secara Live Shopping di Instagram dan Shopee kepada Pelaku UMKM

Kota Bogor (9/2). Meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia menyebabkan Pemerintah menghimbau masyarakat untuk membatasi kontak fisik. Kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, serta beribadah disarankan untuk dilakukan di rumah masing-masing. Pembatasan kontak fisik alias physical distancing ini memberikan dampak signifikan bagi banyak pihak, salah satunya pelaku bisnis. Tidak sedikit pelaku usaha, mulai dari tingkat UMKM hingga skala besar yang mengungkapkan penurunan pemasukan selama beberapa minggu belakangan ini.

Salah satu peluang bisnis yang tetap hidup subur dan semakin menjamur di masa pandemi Covid-19 ini adalah bisnis online. Kemajuan teknologi informasi, membuat perubahan pola bisnis yang dulunya pembeli dan penjual harus bertatap muka, maka kini tidak lagi. Sekarang transaksi bisnis dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli pada lokasi yang berbeda bahkan berjauhan melalui sistem bisnis atau perdagangan online (e-commerce). Bisnis online ini juga semakin berkembang dengan adanya dukungan jasa pengiriman produk barang.

Namun yang terbaru, ada tren bisnis online yang berbeda dengan bisnis online kebanyakan. Mengambil nama Live Shopping, ini merupakan penggabungan dari bisnis online dengan siaran live streaming di internet. Melalui cara ini, proses belanja online bisa berjalan jauh lebih atraktif. Ketika sebelumnya pembeli akan bersifat pasif, namun karena proses penawaran barang dilakukan secara langsung alias live (meski tidak bertatap muka), hasilnya adalah percakapan langsung dua arah antara pembeli dan penjual.

Fenomena live shopping adalah konsekuensi dari meningkatnya aktivitas warga di internet ditambah pandemi yang berlangsung lebih dari satu tahun. Menurut data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sepanjang 2020 aktivitas berbelanja online masyarakat Indoneisa mengalami peningkatan antara 25% hingga 30%. Selain itu, data dari laporan Digital 2021 yang menyatakan 98.5% pengguna internet punya kecenderungan menonton video.

Berdasarkan data di atas, penjualan secara live shopping merupakan sebuah peluang untuk pelaku UMKM mengenalkan produknya ke pasar. Untuk mengenalkan alternatif cara berjualan saat pandemi, mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022, Prodi Teknik Elektro, Ahmad Hasyimi berinisiatif untuk membuat video edukasi yang berisi manfaat dan cara berjualan secara live shopping pada platform Instagram dan Shopee yang akan disosialisasikan kepada pelaku UMKM.

Dalam video edukasi tersebut akan dijelaskan manfaat penjualan secara live shopping, cara berjualan secara live shopping pada platform Instagram dan Shopee, serta tips dan trik agar live shopping ramai ditonton oleh banyak orang.

Kegiatan pelaksanaan program KKN ini diawali dengan penulis mencari referensi, membuat materi, membuat video edukasi, dan terakhir melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM. Sasaran masyarakat yang dituju untuk sosialisasi edukasi tersebut yaitu Komunitas Wanoja Binangkit Bogor. Wanoja Binangkit Bogor adalah salah satu komunitas yang bertujuan menjadikan perempuan Bogor mandiri dan profesional dalam segala bidang, baik keterampilan, keilmuan maupun kewirausahaan.

Pemberian Video Edukasi kepada Humas Komunitas Wanoja Binangkit Bogor melalui Whatsapp untuk dapat Dibagikan ke Komunitas Wanoja Binangkit Bogor

Pelaksanaan Sosialisasi kepada Komunitas Wanoja Binangkit Bogor dilakukan secara online melalui platform Whatsapp. Dalam pelaksanaannya penulis membagikan video edukasi manfaat dan cara berjualan secara live shopping pada platform Instagram dan Shopee, yang diikuti tanya jawab dengan anggota komunitas Wanoja Binangkit Bogor.

Tanya Jawab dengan Ibu Sari Pelaku UMKM Kota Bogor

Dengan adanya kegiatan sosialisasi edukasi tersebut, diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam memulai usahanya berjualan secara live shopping dan meningkatkan penjualan produk mereka.

“Selama ini saya cuma sebagai penonton jika ada yang live sale. Setelah melihat videonya saya ingin mencoba berjualan secara live untuk menaikan penjualan produk saya”, ujar salah seorang pelaku UMKM di Kota Bogor.

Video Edukasi Manfaat dan Cara Berjualan secara Live Shopping pada Platform Instagram dan Shopee untuk Bisnis UMKM

Penulis : Ahmad Hasyimi (S1 Teknik Elektro)

Lokasi KKN : Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor

Dosen Pembimbing KKN : Naintina Lisnawati, S.K.M., M.Gizi