Tingkatkan Literasi Pada Anak, Mahasiswa KKN UNDIP dan Pemuda Desa Talagasari Mengadakan Kegiatan Sudut Baca Tangerang

Tangerang (11/02) – Pelaksanaan KKN Tim I Universitas Diponegoro periode 2021/2022 dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2022-15 Februari 2022 dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs), Bahaya Narkoba, dan Pencegahan Virus Covid-19. Pada upacara penerjunan KKN Tim I Universitas Diponegoro periode 2021/2022, Rektor UNDIP, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menekankan kepada peserta KKN untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan selama keberlangsungan kegiatan KKN di daerah masing-masing. Oleh karena itu, kegiatan yang diadakan masih dilaksanakan secara hybrid atau terbatas. Selain itu juga, beliau juga berpesan bahwa pada KKN ini, jadikan sebuah kebutuhan untuk bisa mempunyai tempat dimana bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat, dari mulai menemukan masalah, merancang penyelesaian, mencari pendanaan, melaksanakan, dan mengevaluasi.

Banner Sudut Baca Tangerang
Foto bersama Ketua Sudut Baca Tangerang

Sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni sangat diperlukan jelang Indonesia Emas pada tahun 2045. Ada tiga aspek yang harus dipenuhi untuk mewujudkan SDM mumpuni, yaitu literasi dasar, karakter, dan kompetensi.

Persoalan literasi masih menjadi hal yang harus dibenahi di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Selain itu, lembaga riset Childwise yang berbasis di Inggris melakukan riset dan mengungkapkan bahwa anak masa kini rata-rata menghabiskan waktu 6,5 jam per hari untuk beraktivitas dengan gadget-nya.

Berdasarkan masalah tersebut, Achmad Rifki, selaku mahasiswa KKN UNDIP, bekerja sama dengan Sudut Baca Tangerang merancang program bernama “Sudut Baca” yang merupakan suatu kegiatan literasi bersama dimana Sudut Baca Tangerang menyediakan buku-buku cerita. Selain itu juga tersedia buku mewarnai. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu (16/01/2022).

Anak-anak sedang mewarnai

Kegiatan diawali dengan menaruh buku-buku di bawah agar anak-anak dapat memilih buku yang ingin dibaca. Kemudian mereka membaca bukunya bersama teman-teman yang lain. Jika di antara mereka ada yang belum bisa membaca, mereka meminta ke panitia Sudut Baca Tangerang dan mahasiswa KKN UNDIP, Achmad Rifki, untuk dibacakan bukunya.

Peserta sedang Membacakan Hasil Karya Cerpennya

Selain membaca buku, ada beberapa kegiatan yang lain seperti menjawab pertanyaan dari kakak-kakak Sudut Baca Tangerang seputar pelajaran Bahasa Indonesia seperti Cerpen, Puisi, Pantun, lalu ada pembuatan cerita pendek oleh adik-adik dari Desa Talagasari. Setelah adik-adik membuat cerpen, salah satu hasil cerpennya dipilih oleh kakak-kakak dari Desa Talagasari lalu meminta dibacakan oleh sang penulis cerpen tersebut di depan teman-temannya. Nanti setelah membaca cerpennya, sang penulis cerpen akan dikasih hadiah berupa makanan ringan.

Di akhir acara, ditutup dengan bermain permainan tradisional, yaitu Gobak Sodor. Anak-anak sangat senang dengan adanya program Sudut Baca ini. Selain itu, orang tua dari anak-anak juga ikut merasa senang karena anaknya tidak melulu bermain gadget di rumah.

Penulis : Achmad Rifki Raihansyah Bagja (Teknik Elektro, Fakultas Teknik)

DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.

Lokasi KKN : Desa Talagasari, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang