Omicron Melonjak, Mahasiswa UNDIP Lakukan Sosialisasi dan Pembagian Hand Sanitizer

Gambar 1. Poster Manfaat Hand Sanitizer

Semarang (11/02/2022) – Coronavirus disease (Covid-19) merupakan istilah yang diberikan oleh World Health Organization (WHO) terhadap infeksi virus corona 2019.  Berbagai daerah di Indonesia telah terdampak pandemi Covid-19 termasuk Kota Semarang. Untuk mengatasi permasalahan Covid-19 pemerintah menghimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun atau rajin menggunakan hand sanitizer guna mencegah penularan virus. Hand sanitizer adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari isopropyl dengan kandungan alkohol 90%, gel lidah buaya, dan esential oil, seperti tea tree oil, lavender oil, atau air lemon yang bertujuan untuk membunuh virus atau kuman berbahaya yang terdapat pada permukaan benda mati. Menurut Lestari & Pahriyani (2020) hand sanitizer secara instant dapat mematikan kuman tanpa menggunakan air, dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, misalnya setelah memegang uang, sebelum makan dan setelah makan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai enggan mematuhi protokol kesehatan salah satunya dalam kebiasaan mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan harus dilakukan setelah melakukan kegiatan di luar rumah, masuk dan keluar dari tempat umum, dan lain sebagainya. Namun, ketika kondisi tidak memungkinkan, penggunaan hand sanitizer dapat menjadi alternatifnya. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai enggan melakukan protokol kesehatan. Salah satunya dalam kebiasaan mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan harus dilakukan setelah melakukan kegiatan di luar rumah, masuk dan keluar dari tempat umum, dan lain sebagainya. Namun, ketika kondisi tidak memungkinkan, penggunaan hand sanitizer dapat menjadi alternatifnya. Dengan kata lain, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan tangan dalam hal ini khususnya menggunakan hand sanitizer, masih kurang. Berbagai alasan tersebutlah yang kemudian dijadikan dasar dalam merancang dan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang manfaat hand sanitizer dan pembagian hand sanitizer.

Gambar 2. Foto Bersama Siswa

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Rabu, 19 Januari 2022 di SD Negeri Kandri 02 dengan sasaran siswa SD kelas 4,5,6. Kegiatan ini berjalan lancar karena didukung oleh antusiasme para siswa ketika kegiatan berlangsung. Sementara itu, pembagian hand sanitizer dilakukan pada Kamis, 27 Januari 2022 bersamaan dengan kegiatan Vaksin di SD Negeri Kandri 02.

Gambar 3. Pembagian Hand Sanitizer

Output dari kegiatan ini yaitu poster terkait manfaat hand sanitizer dan hand sanitizer. Setelah kegiatan ini berlangsung, diharapkan para siswa menjadi lebih paham serta lebih memperhatikan protokol kesehatan di lingkungan sekitar ataupun lingkungan rumah serta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah disampaikan.  Adapun tindak lanjut dari program ini yaitu  para siswa diharapkan rajin menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan dengan sabun guna menjaga kebersihan di masa pandemi.

Penulis : Silvia Tasya Rizka

DPL : Hartanti Sandi Wijayanti, S.Gz., M.Gizi

Lokasi KKN: RW 03, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah