Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Ajak Posyandu Menyimpan dan Mengolah Data dengan Google Sheets

Foto: Mahasiswa KKN Tim I Undip mendampingi Posyandu dalam penggunaan Google Sheets

(Semarang 10/02/22) Kegiatan posyandu adalah kegiatan yang biasanya dilakukan secara rutin sebulan sekali. Setiap kegiatan posyandu, akan dibuatkan catatan yang berisi data diri balita dan hasil pengukuran pada badan balita. Biasanya, pencatatan akan dilakukan secara manual dengan menulis di buku tulis. Setelah dicatat, maka catatan tersebut akan diinput ke Posyandu tingkat Kota/ Daerah.

Hal itu tentunya dirasa kurang efektif karena bentuk tulisan masing-masing individu sangatlah berbeda sehingga bisa mengakibatkan salah membaca. Pencarian data pun juga dirasa susah dengan banyaknya data balita yang harus dicatat. Maka dari itu, mahasiswa KKN UNDIP Tim I, Meiliana Salsyadela Surindra, Prodi Informatika Fakultas Sains dan Matematika, mengajak posyandu untuk untuk melaksanakan program kerja “Pendampingan Posyandu untuk Menggunakan Platform Google Sheets sebagai Penyimpan dan Pengolah Data Posyandu” dengan mendampingi kader posyandu dalam penggunaan Google Sheets sebagai peralihan dalam mengisi data yang awalnya secara manual menjadi otomatis.

Program diadakan pada hari Rabu (09/02/22) setelah kegiatan posyandu bulan Februari dilakukan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pembagian vitamin A dan obat cacing kepada balita. Kegiatan dilakukan dengan mendaftar terlebih dahulu data diri balita, lalu pengukuran badan balita, dan yang terakhir pencatatan bahwa balita telah diberi vitamin A dan obat cacing.

Foto: Mahasiswa KKN Undip Tim I membantu kegiatan posyandu dengan mengukur suhu balita
Screenshot: Google Sheets yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data posyandu

Pada kegiatan ini, mahasiswa KKN Undip menyediakan link Google Sheets dengan tabel yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN Undip dan Ketua Posyandu. Melalui Google Sheets, para kader posyandu dapat mengisi, mengolah, dan menyimpan data.

“Dengan Google Sheets, pengisian data tidak perlu memakan banyak waktu dan para kader dapat mencari data dengan mudah. Tanpa perlu membuka berlembar-lembar buku lagi” tutur Ibu Lely selaku Ketua Posyandu RW 05.

Mahasiswa Undip juga menyampaikan bahwa perubahan data pada Google Sheets berlangsung secara real time dan dapat diakses melalui perangkat elektronik berupa laptop atau ponsel asalkan terdapat akses internet.

Sebagai penutup, para kader posyandu RW 05 menyampaikan terimakasih atas berjalannya program tersebut serta berpesan agar para mahasiswa diberi kelancaran dalam melaksanakan program kerja KKN yang lainnya.

Penulis: Meiliana Salsyadela Surindra/ Informatika – FSM

DPL: Daud Samsudewa, S.Pt, M.Si, Ph.D