Pelatihan Software Pasar Modal dan Edukasi Literasi Keuangan Guna Meningkatkan Pendidikan Bermutu Untuk Remaja Di Desa Maron

Pasar Modal mejadi salah satu roda ekonomi yang sangat mempengaruhi dengan banyak aspek yang ada. Partisipasi masyarakat dalam dunia pasar modal sangat diharapkan agar roda ekonomi nasional semakin berkembang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi sarana menyimpan unag untuk menghambat inflasi. Masyarakat di daerah pedesaan sangat minim sekali terkait dengan pasar modal, sudah saatnya mereka mulai berpartisipasi kepada roda ekonomi dan investasi untuk menghambat inflasi. Selain itu juga sangat dibutuhkan edukasi tentang literasi keuangan untuk memanajemen keuangan baik pada rumah tangga maupun bisnis.

Maraknya investasi bodong atai bahkan pinjaman online ilegal, menjadi keprihatinan bagi lingkungan terutama anak muda. Apabila mereka tidak mengenal atau memahami literasi keuangan maka rawan sekali anak muda terjebak dalam lingkaran yang membahayakan. Salah satu tujuan diadakan edukasi literasi kuangan adalah untuk menjauhkan para remaja dari hal-hal yang membahayakan.

Masyarakat Desa Maron terutama untuk para remaja yang sudah berpenghasilan sangat memerlukan sekali pemahaman mengenai literasi keuangan terutama tentang pasar modal. Karena Literasi keuangan mempunyai manfaat-manfaat yang bisa diambil. Remaja yang memahami pasar modal akan ikut berpartisipasi kepada roda ekonomi nasional. Selain itu masyarakat juga bisa memulai investasi dan menyimpan uang dengan meminimalisir resiko inflasi. Mereka mulai mengenal fundamental perusahaan yang bisa diimplementasikan pada bisnis desa.

Program ini dilaksanakan hari Sabtu 5 Februari 2022 dengan edukasi dari kelompok satu kepada kelompok lain. Mereka sangat antusias dalam mengikuti program ini karena menjadi pengetahuan baru bagi mereka yang sangat awam dengan literasi keuangan dan sebagai pengingat bagi mereka yang sudah pernah mempelajari literasi keuangan.

Edukasi ini diharapkan mampu membawa masyarakat desa Maron mulai percaya terhadap investasi yang aman dan bisa memilah ataupun memilih mana investasi yang sehat atau tidak sehat. Masyarakat juga diharapkan mulai berpartisipasi dalam pasar modal dan mulai terbuka dengan mengenal literasi keuangan.