Meningkatkan Wawasan Ragam Budaya Internasional Kepada Anak-anak Usia Sekolah Dasar Melalui Festival Budaya Mancanegara

Penggilingan, Jakarta Timur(04/02/2022) – Di era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi dan informasi berdampak terhadap kemudahan untuk mengakses internet sehingga budaya asing dapat dengan mudah masuk ke suatu negara. Namun seringkali informasi berkaitan dengan budaya-budaya mancanegara yang diakses hanya berdasarkan apa yang trend di kalangan artis atau selebriti luar negeri, sehingga budaya asli dari negara itu yang tidak diperkenalkan oleh kalangan selebriti kurang terekspos dan masyarakat terutama kalangan anak-anak masih sulit mengklasifikasikan budaya-budaya mancanegara berdasarkan bentuk-bentuk yang direpresentasikan dari budaya tersebut.

Sehingga untuk meningkatkan wawasan anak-anak tentang beragam budaya yang berasal dari mancanegara, mahasiswa KKN Undip mengadakan program pengenalan beragam budaya yang berasal dari berbagai negara kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar di lingkungan RT 10 RW 05, Kelurahan Penggilingan. Pada acara pengenalan budaya mancanegara tersebut, mahasiswa Undip memperkenalkan budaya-budaya yang berasal dari Korea, Jepang, Prancis, dan Spanyol. Keempat negara tersebut kaya akan budaya, seperti memiliki berbagai macam makanan khas dari negara-negara tersebut, baju-baju tradisional yang unik, bahasa yang hurufnya berbeda-beda, dan tempat-tempat yang menjadi ikon dari negara tersebut maupun tempat-tempat bersejarah yang menjadi destinasi utama apabila berkunjung ke negara tersebut.

Gambar 1. Mengenalkan Beragam Budaya Mancanagera Kepada Anak-anak SD di RT 10 RW 05

Pengenalan budaya mancanegara ini dijelaskan menggunakan media gambar-gambar yang menjadi representasi dari beragam budaya yang menjadi ciri khas dari masing-masing negara. Oleh karena itu salah satu mahasiswa KKN Undip yang mengadakan program tersebut menyebutnya Festival Budaya Internasional, karena menjelaskan beragam kebudayaan dari masing-masing negara secara langsung dan mengajak anak-anak tersebut seolah-olah sedang mengunjungi beberapa negara yang ditampilkan.

Saat acara berlangsung, anak-anak tampak antusias untuk mengetahui beragam budaya mancanegara, terutama Korea dan Jepang. Beberapa dari mereka , sudah mengetahui sebagian makanan khas yang berasal dari Korea dan Jepang. Namun ketika mengenalkan kebudayaan yang berasal dari Prancis dan Spanyol, masih terdengar asing di telinga mereka. Walaupun demikian, setelah dijelaskan beragam budaya dari masing-masing negara, banyak dari mereka yang menjadi tertarik mengetahui negara tersebut, terutama mempelajari bahasa keseharian yang digunakan di negara tersebut.

Penulis : Nadia Hurriati Zahra ( Hubungan Internasional- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik )

Dosen Pembimbing KKN : Dr. Heni Rizqiati S.Pt., M.Si.

Lokasi KKN : RW 05 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur