Omicron semakin merajalela, Mahasiswa Undip melakukan aksi bagi-bagi masker ke masyarakat sekitar untuk menyadarkan lagi pentingnya memakai masker

Mijen, Demak (11/2/2022) – Pandemi covid-19 telah berlangsung kurang lebih selama dua tahun, namun tak ada tanda-tanda akan menghilang dalam kurun waktu dekat ini. Apalagi saat ini muncul varian baru covid-19 yaitu varian omicron yang penyebarannya lebih cepat dan lebih berbahaya dibandingkan dengan varian sebelumnya. Banyak para ahli berpendapat bahwa varian ini lebih kebal terhadap vaksin. Untuk itu penting sekali memakai masker dan menerapkan protokol untuk menekan persebaran covid-19. Banyak di temui masyarakat yang masih lalai menggunakan masker baik ditempat umum maupun berada di kerumunan. Padahal covid-19 sendiri tersebar melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi melalui sekresi mulut dan hidung. Dengan tidak memakai masker akan mempermudah virus tersebut masuk ke dalam tubuh masyarakat.

Melalui kegiatan KKN Tim 1 Undip dengan periode 05 Januari – 15 Februari 2022, Khorun Nisa’ Ayu Handayani, Mahasiswa jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, didampingi dosen pembimbing lapangan Farid Agushybana, S.K.M., DEA, Ph.D melaksanakan KKN di Desa Mijen, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Dengan program yang diusung adalah “Membagikan masker ke masyarakat sekitar sebagai upaya untuk menyadarkan kembali tentang pentingnya melakukan 3M dan protocol Kesehatan ditengah maraknya varian baru covid-19”.

Pembagian masker ditunjukkan untuk masyarakat Desa Mijen di sekitar rumah. Tujuan dari diadakannya program ini adalah untuk Menyadarkan kembali masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dan 3M selain itu juga untuk menghindari peningkatan kasus covid-19 di Desa Mijen.