LIHATLAH APA YANG DILAKUKAN MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP 2022 PADA UMKM DI DUSUN INDROKILO!!!

Kabupaten Semarang (04/02)-Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro yang berlangsung dari tanggal 5 Januari hingga 15 Februari 2022 dengan tema ”Optimalisasi Hasil Perkebunan dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang”. KKN ini berlangsung selama 40 hari dan dilakukan secara luring disertai dengan protokol kesehatan yang berlaku mengingat pandemik Covid-19 masih merebak di Indonesia. Kelompok mahasiswa KKN ini membuat program sosialisasi peningkatan branding UMKM di Dusun Indrokilo.
Dusun Indrokilo memiliki perkebunan kopi yang luas dan produksi gula aren yang menjadi komoditas utama sehingga terdapat banyak UMKM yang sedang berkembang maupun yang baru dirintis, maka dari itu perlu adanya pelatihan atau sosialisasi mengenai branding agar produk UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat konsumen serta nilai jual dari produk. Alasan pemilihan program ini juga sejalan dengan yang disampaikan salah satu pelaku UMKM saat diwawancarai, “Kami menjual berbagai macam produk asli dari Indrokilo seperti kopi, gula are, gula semut, dan jahe rempah. Namun memang penjualannya hanya disekitar daerah ungaran saja dengan dititipkan ke toko-toko atau kita jual ketika ada bazar. Sehingga memang perlu untuk kami belajar lebih mengenai penjualan online dan bagaimana cara promosi yang efektif agar produk kami bisa dikenal oleh banyak orang” ujar Ibu Sriyatun, selaku ketua UMKM Manggar Lestari Dusun Indorkilo.

Sosialisasi branding UMKM yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Undip 2022 membahas tentang dunia branding mulai dari pengenalan apa itu branding, manfaat dan unsur branding, media branding, hingga strategi marketing dan branding agar produk lebih diminati pasar. Selain itu agar memudahkan masyarakat memahami materi sosialisasi yang dilakukan diberikan leaflet dengan bahasa yang mudah untuk diterapkan. Sosialisasi ini mendapatkan tanggapan dan respon yang baik dari para pelaku UMKM yang hadir. Selain sosialisasi, tim KKN juga ikut serta mendampingi beberapa UMKM di Dusun Indrokilo dalam proses branding produknya. Proses pendampingan tersebut dilakukan dalam beberapa kegiatan seperti membantu memfoto ulang produk dan mendesain ulang kemasan produk yang lebih kekinian sehingga konsumen akan lebih tertarik, serta mendampingi UMKM dalam hal penjualan online melalui marketplace shopee.
Dengan banyaknya respon positif dari pelaku UMKM, diharapkan program ini dapat membantu UMKM yang ada di Dusun Indrokilo agar lebih maju dengan selalu memperhatikan marketing serta branding dari produk yang dijual.
Penulis : Tim KKN Tematik Undip 2022 Dusun Indrokilo
Dosen Pembimbing : Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si.