Bantu UMKM Menarik Konsumen, Mahasiswa KKN TIM I Undip melakukan Sosialisasi tentang Pemasaran Online

Dengan adanya pandemi Covid 19 banyak pekerja kantoran yang terkena PHK, akibatnya para pekerja tersebut mencari jalan keluar lain untuk menghidupi keluarganya dengan mendirikan usaha baru sendiri. Mereka bisa disebut juga sebagai para pelaku UMKM. Dengan adanya pandemi Covid 19 juga mengharuskan kita untuk meminimalisir kontak fisik,  dan perkembangan media digital yang sangat pesat sangat menguntungkan para  pelaku UMKM untuk memasarkan produknya lewat media digital

Para pelaku UMKM memerlukan media pemasaran yang efektif agar dapat mempromosikan produknya. Alasan utama seseorang melakukan promosi adalah agar produk yang  semakin dikenal banyak orang. Setelah produk banyak dikenal orang, maka hasil  meningkat. Hal utama dalam promosi adalah membuat pesan yang persuasif yang  menarik perhatian konsumen. Strategi pesan yang efektif adalah suatu pesan yang  menyampaikan tujuan promosi.

Aplikasi yang  paling populer di Indonesia adalah youtube,whatsapp dan Instagram. Menurut  laporan terbaru dari katadata.co.id pengguna instagram di Indonesia per Oktober  2021 sebanyak 98,06 juta pengguna. Instagram memiliki keunggulan dalam hal posting foto, media ini memberikan kualitas dan juga tampilan foto yang baik sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai media promosi yang biasanya mengandalkan foto produk. Hampir sama dengan twitter, instagram memiliki timeline yang berjalan sangat cepat.

Mahasiswa  KKN TIM I UNDIP 2021/2022 di wilayah RT 007 Kelurahan Jatiwaringin memberikan sosialisasi mengenai pentingnya Instagram sebagai media promosi kepada usaha milik Pak Ilham dengan membantunya untuk membuat akun bisnis Instagram miliknya sendiri. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat membantu pelaku UMKM  memajukan usahanya.

Penulis: Raden Mas Luqman Aziz

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Khairul Anam