Bantu UMKM Menarik Konsumen, Mahasiswa KKN TIM I Undip melakukan Sosialisasi tentang Pemasaran Online
Dengan adanya pandemi Covid 19 banyak pekerja kantoran yang terkena PHK, akibatnya para pekerja tersebut mencari jalan keluar lain untuk menghidupi keluarganya dengan mendirikan usaha baru sendiri. Mereka bisa disebut juga sebagai para pelaku UMKM. Dengan adanya pandemi Covid 19 juga mengharuskan kita untuk meminimalisir kontak fisik, dan perkembangan media digital yang sangat pesat sangat menguntungkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya lewat media digital
Para pelaku UMKM memerlukan media pemasaran yang efektif agar dapat mempromosikan produknya. Alasan utama seseorang melakukan promosi adalah agar produk yang semakin dikenal banyak orang. Setelah produk banyak dikenal orang, maka hasil meningkat. Hal utama dalam promosi adalah membuat pesan yang persuasif yang menarik perhatian konsumen. Strategi pesan yang efektif adalah suatu pesan yang menyampaikan tujuan promosi.
Aplikasi yang paling populer di Indonesia adalah youtube,whatsapp dan Instagram. Menurut laporan terbaru dari katadata.co.id pengguna instagram di Indonesia per Oktober 2021 sebanyak 98,06 juta pengguna. Instagram memiliki keunggulan dalam hal posting foto, media ini memberikan kualitas dan juga tampilan foto yang baik sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai media promosi yang biasanya mengandalkan foto produk. Hampir sama dengan twitter, instagram memiliki timeline yang berjalan sangat cepat.
Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2021/2022 di wilayah RT 007 Kelurahan Jatiwaringin memberikan sosialisasi mengenai pentingnya Instagram sebagai media promosi kepada usaha milik Pak Ilham dengan membantunya untuk membuat akun bisnis Instagram miliknya sendiri. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat membantu pelaku UMKM memajukan usahanya.
Penulis: Raden Mas Luqman Aziz
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Khairul Anam