MAHASISWA KKN UNDIP BAGI-BAGI MASKER KEPADA WARGA GUNA MENGURANGI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

Penempelan Poster di Tempat Umum

Semarang(08/02/2022), Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan yang dapat menular melalui droplet. Mengingat jumlah kematian karena Covid-19 telah meningkat dan meluas, untuk mengurangi penularan Covid-19, ditambah lagi saat ini sedang maraknya kemunculan varian covid  baru yang semakin membuat keresahan ditengah masyarakat luas. Maka dari itu perlu dilakukan berbagai kegiatan pencegahan. Salah satu kegiatannya adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan saat pandemic terutama menggunakan masker sesuai dengan standar WHO untuk mendapatkan manfaat yang lebih efektif dari penggunaannya. Program ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dan bahayanya penularan virus covid-19

Vaksinasi pun dinilai menjadi salah satu faktor penting, kunci dari pemulihan pandemi COVID-19 ini. Tujuan dari pemberian vaksinasi COVID-19 itu sendiri adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan virus penyebab infeksi, dengan cara injeksi virus yang telah dilemahkan kedalam tubuh kita.

Vaksin tidak dapat menjamin kita dapat menjadi kebal terhadap virus COVID-19. Melainkan, vaksin dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19. Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini penting karena terdapat beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu yang tidak dapat divaksin.

Pembagian Masker Kepada Warga

Yang tidak kalah penting selain dari vaksinasi itu sendiri adalah gerakan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas) yang perlu ditegaskan kembali kepada warga. hal ini dikarenakan gerakan tersebutlah yang juga merupakan faktor penting dalam menghindari transmisi virus COVID-19 dan mutasi lainnya, di samping dari program pemberian vaksin.

Beberapa warga Kelurahan Gunung Pati, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, khususnya para warga umum, menentang anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia. Padahal, pemberian vaksin ini dinilai krusial, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari virus tersebut, tetapi juga untuk memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi setahun belakangan ini. Alasan yang diutarakan pun meliputi ketakutan terhadap efek vaksinasi, akibat dari informasi hoax yang mereka terima dan baca melalui ponsel genggam.

Membagikan Masker Kepada Warga

Mengenai itu, mahasiswa KKN Undip pun kemudian mencoba untuk turun ke lapangan dan mengedukasi masyarakat melalui program yang bertajuk “Peningkatan Kesadaran akan Pentingnya Vaksinasi COVID-19 dan Gerakan 5M”. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pembagian masker dan juga mini leaflet infografis mengenai apa itu vaksinasi, fakta dan mitos mengenai vaksin, mengapa perlu vaksinasi, dan dimana tempat terdekat warga setempat dapat melakukan vaksinasi (8/2).

Membantu Proses Vaksinasi di Kelurahan Gunung Pati

Sejumlah mahasiswa KKN Undip pun terlihat menjadi relawan panitia pelaksanaan program vaksinasi yang ditujukan khusus untuk para warga Kelurahan Gunung Pati.

Mahasiswa : Novyando wahyu Kamajaya— Perikanan Tangkap FPIK

DPL :    Ari Wibawa Budi Santosa.,S.T., M.Si