Kecil-Kecil Berkarya. Anak Usia Dini Berkarya Setelah Mendapat Pelatihan Dari Mahasiswa KKN UNDIP

Kabupaten Semarang (10/1/2022)– KKN TIM 1 UNDIP 2022 diterjunkan pada 5 Januari 2022 dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 berbasis SDGs. Mahasiswa membuat program kerja “Kecil-kecil Berkarya” yang menghasilkan produk buku karya anak-anak TPQ Ar-Rohmah (dinamai grup Lingkar Anak Bangsa) Pundung Putih, Gedanganak, Ungaran Timur.

Perubahan teknologi yang berangsur cepat mengubah gaya hidup masyarakat. orang tua membuat anak-anak kurang bijak dalam menggunakannya, seperti bermain game online. Adapun salah satu cara mengurangi kecenderungan tersebut, anak-anak harus dialihkan ke dalam kegiatan yang lebih bermanfaat. Program yang diajukan adalah Kecil-Kecil Berkarya. Anak-anak akan dilatih dan dibimbing dalam menciptakan karya sastra berbentuk puisi.

Tingkat kesadaran anak-anak menulis karya sastra masih kurang. Baik membaca maupun menulis anak-anak masih kesulitan. Untuk menghadapi masalah tersebut penulis mengadakan program literasi berupa membaca cerita pendek dan menulis puisi. kegiatan belajar membuat puisi menggunakan format puisi yang sudah disediakan, dengan begitu anak-anak akan lebih mudah membuatnya. Hingga lahirlah buku berjudul “Kecil-kecil Berkarya” yang berisi 11 puisi dari 11 anak dari TK sampai kelas 3.