OPTIMALKAN SALURAN DRAINASE GUNA MEMINIMALISIR TERJADINYA GENANGAN

Semarang, Sabtu (05/02/2022) – Siklus hidrologi proses air yang berasal dari atmosfer ke bumi, lalu air tersebut  akan kembali lagi ke atmosfer dan demikian siklus ini terus berjalan seterusnya. Genangan air merupakan salah satu bentuk gangguan terhadap siklus air. Permasalahan – permasalahan dalam pengelolaan sumber daya air di perkotaan perlu perhatian yang serius bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan dalam pengelolaannya.

Keberadaan drainase menjadi hal yang vital dalam pembangunan suatu infrastruktur. Air hujan yang berlebih dapat menggenangi kawasan pemukiman penduduk atau jalan akibat sistem drainase yang kurang berfungsi secara maksimal. Pembangunan drainase kerap menjadi permasalah terkait teknis bangunan yang dianggap tidak sesuai.

Kelurahan Kedungmundu mempunyai topografi rendah, sehingga rentan terjadi banjir atau genangan. Penyebab terjadinya banjir antara lain penyumbatan aliran sungai ataupun selokan seperti tertutupnya saluran oleh sampah dan sedimen, kerusakan pada saluran drainase.

Salah satu bentuk pengontrolan dan pengawasan pada sistem drainase dilakukan sosialiasi pengoptimalan saluran drainase kapada warga RW 09. Dilakukan pula monitoring dan pemeliharaan kondisi drainase dengan melakukan pembersihan pada area yang menjadi penghambat dari fungsi drainase. Terlebih RW 09 menggunakan saluran Sub Surface Drain dimana saluran ini bermanfaat mengurangi ketinggian muka air tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Sosialisasi pengoptimalan saluran Drainase dengan Ibu-Ibu PKK
Sub Surface Drainage

Diharapkan dengan terbangunnya sarana drainase yang terpelihara baik sehingga berfungsi sebagaimana mestinya Ada beberapa unsur yang diperlukan untuk menunjang suksesnya pemeliharaan ini, antara lain tersedia badan/lembaga yang khusus menangani masalah tersebut, adanya peraturan yang mendukung, penyediaan dana yang memadai, masyarakat turut berperan dalam pemeliharaan drainase.

Sosialisasi pengoptimalan saluran Drainase dengan Ibu-Ibu PKK

Penulis : Lale Alyssa Qothrunnada Salsabila (Teknik Sipil – Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing Lapangan : Dinalestari Purbawati, S.E., M.Si., Akt