COVID MERAJALELA, MAHASISWA KKN TIM I UNDIP MELAKSANAKAN SOSIALISASI TENTANG MASKER, VAKSINASI DAN BERITA HOAX

Semarang (12/02/2022) – Sekarang ini covid telah merajalela di sekitar masyarakat. Apalagi sekarang muncul varian virus baru yang disebut dengan omicron. Hal ini menyebar dikarenakan kurangnya protocol Kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat. Berawal dari penggunaan masker yang tidak tepat, enggan untuk melakukan kegiatan vaksinasi yang telah difasilitasi oleh pemerintah dan masih percaya dengan adanya berita hoax yang menyebabkan tidak sedikit dari masyarakat khusunya di RW:04, Kelurahan Jatisari yang tidak melaksanakan vaksinasi.

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani kasus covid-19. Tujuan diadakannya vaksinasi yaitu agar tubuh masyarakat Indonesia memiliki kekebalan kelompok (herd Immunity) sehingga masyarakat menjadi lebih profuktif dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Sehingga diharapkan masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang masih kurang tepat dalam penggunaan masker. Selain itu, masyarakat juga masih belum memahami mengenai pembuangan masker yang baik dan benar agar bekas masker yang telah dipakai tidak menularkan virus ke orang lain.

Dengan adanya perkembangan terknologi, tidak sedikit dari masyarakat juga percaya akan adanya berita hoax mengenai akibat dari vaksin. Mereka percaya mengenai berita data orang yang meninggal akibat setelah vaksin. Padahal mereka tidak tahu, apakah orang tersebut memiliki penyakit lain.

Berdasarakan permasalahan diatas, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro tahun 2022 mengadakan sosialisasi mengenai penggunaan dan pembuangan masker sekali pakai, pentingnya vaksinasi, dan cara mengatasi adanya berita hoax di media online. Banyak masyarakat yang antusias untuk mengikuti sosialisasi ini, khusunya di sekolah dasar yang sedang melakukan vaksin di kelurahan jatisari, kecamatan Mijen.

Penulis : Adela Iga Fapila (12030118120074)

Dosen Pembimbing Lapangan: Marwini, S.HI., Lc., M.Si.

Lokasi : Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen