Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pelatihan Microsoft Word kepada perangkat Kelurahan yang kurang Mahir Teknologi

Semarang (10/02/22) – Aufarizq M Niza Bayzoni FSM Undip melaksanakan program Pelatihan tentang penggunaan Aplikasi Microsoft Word di Kecamatan Genuk, Kabupaten Semarang dengan target pesertanya adalah perangkat kelurahan.

Pada era digitalisasi seperti sekarang, masyarakat dituntut untuk bekerja secara lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Era digitalisasi membuat pekerjaan sehari-hari banyak menggunakan teknologi komputer. Kondisi pandemi semakin membuat aktivitas masyarakat berputar sekitar komputer. Salah satu produk hasil perkembangan teknologi adalah sebuah aplikasi pengolahan kata yang dapat digunakan di komputer. Aplikasi tersebut memungkinkan pekerjaan sehari-hari untuk permasalahan pengolahan kata dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu, diperlukan edukasi tentang penggunaan aplikasi Microsoft Word agar masyarakat dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah. Program kerja ini merupakan sebuah solusi untuk penyelesaian pekerjaan yang lebih efektif dan efisien, sehingga memiliki kesesuaian dengan program Sustainable Development Goals (SDGs) poin nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas.

Pelaksanaan program kerja ini dimulai dengan melakukan koordinasi dengan perangkat kelurahan yang akan menjadi audiencenya untuk menentukan jadwal hari dan waktu pelakasanaannya Kemudian membuat surat izin pelaksanaan acara di balai kelurahan yang ditandatangani oleh pak karmo dwi listono selaku Lurah di Kelurahan Muktiharjo Lor. Pelaksanaan program kerja ini dimulai dengan acara yang membahas tentang cara kerja aplikasi Microsoft Word lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada audience. Kegiatan pelatihan Microsoft Word ini menggunakan konsep QnA (Question and Answer). Pemateri menjelaskan bagaimana proses kerja menggunakan aplikasi Microsoft Word, kemudia audience menanyakan hal – hal yang dirasa perlu untuk dikembangkan dan dikuasasi dalam menggunakan aplikasi itu sendiri. Misalnya dalam membuat laporan atau makalah membutuhkan daftar isi atau daftar tabel otomatis, atau dalam membuat nomor halaman seperti apa. Hal ini dapat menambah efektivitas dan efisensi perangkat kelurahan dalam melakukan sebuah pekerjaan yang berkaitan pengolahan kata.

Membantu mengajarkan cara membuat tabel
Proses menyimpan file pada Microsoft Word

Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan penggunaaan aplikasi Microsoft Word ini masyarakat dapat mahir menggunakan Microsoft Word hingga taraf tertentu, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan efektif dan efisien.

Aufarizq M Niza Bayzoni – FSM Undip 2018

Dosen Pembimbing : Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.

Kelurahan Muktiharjo Lor, Kecamatan Genuk

KKN Undip Tim I 2021/2022