Mahasiswi KKN TIM I UNDIP Mengajak Generasi Muda Untuk Jauhi Narkoba Agar Tak Terjerumus Dalam Penjara

Semarang (08/2) – Salah satu permasalahan yang dianggap serius oleh Pemerintah karena dapat merusak generasi penerus bangsa adalah penyalahgunaan narkoba, khususnya dikalangan remaja. Permasalahan ini merupakan ancaman besar bagi bangsa Indonesia sehingga memerlukan pemecahan bersama dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat. Jika permasalahan ini dibiarkan tanpa pencegahan bisa berdampak negatif pada generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang.

Peredaran narkoba bisa melalui berbagai macam cara, sehingga penyalahgunaan masih sangat sering terjadi. Remaja yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi menjadi target utama bagi para pengedar narkoba dengan iming-iming bahwa narkoba bermanfaat bagi kehidupan. Oleh karena itu, sebelum generasi muda terjerumus menjadi pecandu narkoba, salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan yaitu mencegah penyalahgunaan narkoba dengan memberikan informasi kepada remaja.

Minggu (30/01/2022) bertempat di Balai RW 01 Kelurahan Bendan Ngisor, Silwa Nafiza Anwar merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN Tim I Universitas Diponegor mengadakan sosialisasi bahaya narkoba bersama Karang Taruna Kelurahan Bendan Ngisor. Pada sosialisasi tersebut membahas materi seputar apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba, penyebab remaja menggunakan narkoba, efek samping dari narkoba, dan hukuman pidana ketika menyalahgunakan narkoba.

Sosialisasi bahaya narkoba bersama Karang Taruna Kelurahan Bendan Ngisor

Tak hanya melakukan sosialisasi bahaya narkoba, Silwa Nafiza Anwar juga membuat poster hukuman pidana bagi penyalah guna narkoba maupun pengedar narkoba dengan harapan agar generasi muda mengetahui bahwa dampak yang akan timbul ketika terjerumus dalam lingkaran narkoba selain menganggu kesehatan juga dapat dijerat hukuman pidana yang akan merenggut masa muda karena mendekam dalam penjara.

Infografis/Poster Hukuman Pidana Bagi Penyalah Guna dan Pengedar Narkoba

Penulis             : Silwa Nafiza Anwar – Fakultas Hukum

Editor               : Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum