Webinar Perbanara KKN Tim 1 UNDIP 2022: Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja

Dokumentasi Webinar Perbanara-Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja

BANDARJO (2/2) – Pada awal tahun 2022 ini tercatat 4 public figure yang tertangkap kasus penyalahgunaan narkoba. Rata-rata motivasi menyalahgunakan narkoba adalah untuk meredakan stress sejenak di tengah tekanan hidup dan kesibukan bekerja. Berdasarkan swaperiksa oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, pada 5 bulan awal Pandemi Covid-19 di Indonesia, terdapat 64.8% responden mayoritas usia 17-29 dan >60 tahun, mengalami peningkatan stress.

Flayer Webinar Perbanara

Menilik keresahan tersebut, mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 tahun 2022 bernisiatif mengadakan Webinar mengenai Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja. Yang kemudian diberi judul “Webinar Perbanara”. Acara via aplikasi Zoom ini diisi oleh dokter Ajeng Ariana Kusumastuti sebagai narasumber utama dan dihadiri oleh Bapak Ari Wibawa Budi Santosa, S.T, M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN. Materi penyuluhan yang disampaikan dokter jebolan Universitas Gajah Mada ini, disajikan secara lengkap dan mudah dimengerti peserta webinar. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang bertanya saat sesi qna berlangsung.

“…Dok, bagaimana respon yang baik ketika kita tahu bahwa teman kita memakai narkoba? Apakah dijauhi saja, atau bagaimana?” tanya salah satu peserta.

“Ketika kita tahu bahwa teman kita menggunakan narkoba, jangan dijauhi. Justru mereka (pengguna narkoba) sangat membutuhkan kehadiran kita. Namun, kita jangan ikut mengggunakan narkoba. Lebih baik kita menyarankan mereka untuk mau direhabilitasi oleh BNN (Badan Narkotika Nasional). Di sana, mereka justru akan mendapatkan pembinaan yang sesuai,” jawab dokter Ajeng.

Cuplikan Materi Webinar Perbanara

Peserta yang hadir tidak hanya dari masyarakat daerah KKN saja (di Kelurahn Bandarjo, Kelurahan Leyangan, dan Desa Suruh, tetapi banyak juga peserta yang berasal dari luar kota dan luar pulau di Indonesia. Webinar Perbanara juga dimeriahkan dengan sesi bagi-bagi doorprize untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya. Dengan durasi satu setengah jam, 64% peserta merasa sangat puas dengan keseluruhan acara webinar Perbanara. 

“Semoga dapat diadakan lagi,” harapan salah satu peserta pada form evaluasi yang disebarkan di akhir acara.

 “Menurut saya webinar ini sudah sangat bagus dari pemateri yang sangat bermanfaat dalam memberikan ilmunya, dan untuk panitianya sangat baik dan partisipasi nya (red. partisipannya) sangat bersemangat,” pendapat salah satu peserta webinar lainnya.

Pesan dokter Ajeng saat closing statement materi yang diberikan ialah, “Jangan sampai menggunakan narkoba, mulai kenali diri dan kembangkan bakat/talenta yang kita miliki.”

Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja di Pondok Pesantren Darul Ulum Sabullusalam

Selain webinar, juga diadakan sosialisasi langsung dan penempelan poster mengenai materi Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja di Pondok Pesantren Darul Ulum Sabullusalam, Jetis, Leyangan pada Sabtu (5/2).

Penulis: Millenisha Omega Putri (Arsitektur-FT)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T, M.Si