Poster Pencegahan dan Bahaya Narkoba Dipilih Mahasiswa KKN Undip untuk Peningkatan Pencegahan Penggunaan Narkoba

Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum. Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini. Usia remaja yang rawan dengan keingintahuan yang tinggi dapat dengan mudah tergiur untuk mencoba narkoba. Oleh karena itu, diperlukan penyuluhan mengenai narkoba dan bahayanya sebagai bentuk pencegahan dini pada remaja dan meningkatkan kewaspadaannya.

Saat ini masyarakat Indonesia tidak hanya berperang melawan covid-19 melainkan juga melawan narkoba. Penyalahgunaan narkoba di masa pandemi justru meningkat dua kali lipat. Orang yang stress akibat pandemi karena kehilangan pekerjaan akan dimanfaatkan oleh para pengedar narkoba untuk ikut terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Di masa pandemi ini tidak menyurutkan niat pengedar narkoba untuk mengedarkan barang haram tersebut dan mencari modus baru agar penyelundupan narkoba dapat dilakukan dengan aman. Bahkan mereka ikut memasarkan narkoba secara daring melalui situs – situs gelap, namun untuk pengantarannya masih menggunakan kurir.

Poster Narkoba

Untuk meningkatkan kesadaran dan pencegahan dini terhadap bahaya narkoba, poster dipilih sebagai media yang menarik. Dengan dipasangnya poster narkoba ini, diharapkan dapat memberikan peringatan kepada orang – orang yang membaca agar menjauhi dari barang haram ini. Poster juga dipilih sebagai media sosialisasi di masa pandemi sebagai upaya untuk mengurangi pengumpulan masa. Poster ini ditempel di tempat – tempat umum yang memungkinkan banyak orang dapat membacanya.

Penempelan Poster Narkoba