Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2021/2022 Bagikan Tips Keselamatan Berkendara Untuk Menekan Tingkat Kasus Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu Lintas

Mahasiswa KKN Undip Bagikan Tips Berkendara yang Aman ke Masyarakat Polaman
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Saat ini, sepeda motor menjadi salah satu kebutuhan setiap orang untuk berpergian. Sepeda motor dinilai sebagai kendaraan cepat yang tidak peduli dengan kondisi macet karena dengan sepeda motor maka seseorang bisa tetap berjalan menyalip dan sampai tujuan. Kecelakaan di jalan raya yang diterima sepeda motor bisa jadi karena kelalaian pengendara itu sendiri. Dalam hal ini, pengguna sepeda motor sebaiknya memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara sepeda motor. Sayangnya, tidak semua pengendara sepeda motor memperhatikan hal ini, bahkan sebagian banyak mengabaikan hal penting ini. Padahal, memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara bermanfaat untuk dirinya sendiri dan pengendara lain. 

Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 melaksanakan kegiatan KKN dengan tema “Edukasi Membangunan Budaya Kesadaran Berkendara Sepeda Motor yang Aman”. KKN ini dilaksanakan selama 42 hari hari terhitung mulai tanggal 05 januari 2022 sampai tanggal 15 Februari 2022. Menyikapi maraknya tindakan pelanggaran berlalu lintas, terutama di kalangan pelajar / siswa dan masyarakat yang tinggal didaerah pedesaan, menggiatkan untuk dilakukannya penyuluhan keselamatan lalu lintas di daerah yang berpotensi melakukan pelanggaran tersebut. Tujuannya tidak lain agar masyarakat dapat mengubah perilaku berkendaranya dan mampu menjadi pelopor keselamatan lalu lintas dan meneruskan sosialisasi keselamatan lalu lintas tersebut kepada masyarakat sekitar lainya. Untuk itu, edukasi keselamatan lalu lintas di Kelurahan Polaman, Mijen, Semarang diperlukan program sebagai dari langkah/usaha preventive untuk menekan angka pelanggaran tersebut. Mengingat letak geografis kecamatan Mijen yakni masih didominasi daerah pedesaan, yang memiliki potensi masyarakat kurang patuh terhadap tata tertib lalu lintas.

Melihat kondisi di atas, salah satu mahasiswa KKN TIM I UNDIP Muhammad Ainus Sholikhin (22), berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai kiat-kiat untuk berkendara yang aman kepada masyarakat di kelurahan Polaman dengan sosialisasi ke masyarakat dan disertai leaflet agar informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami. Kegiatan upaya peningkatan gaya hidup hemat listrik dilaksanakan pada Sabtu (05/02). Dalam leaflet yang berjudul “Keselamatan Berkendara”, diharapkan masyarakat Polaman dapat mengimplementasikan tata tertib lalu lintas yang berlaku, baik di daerah pedesaan, perkotaan dan dimanapun juga. Masyarakat dapat memahami bahwa keselamatan di jalan merupakan keselamatan bersama bukan dirinya saja. Leaflet ini dilengkapi dengan gambar untuk menarik pembaca dari semua kalangan masyarakat sehingga semua lapisan masyarakat mendapatkan informasi yang bermanfaat dan diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya program KKN ini diharapkan wilayah sekitar Polaman dapat menekan tingkat kasus pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.