Efektif Tarik Pelanggan, Mahasiswa UNDIP Ajarkan ini!
Wonosobo, 12 Februari 2022. Media online adalah suatu cara untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau informasi, seperti menyediakan iklan. Saat ini, media online sangat penting dalam transaksi penjualan dan presentasi produk untuk mendapatkan informasi dari produk yang ditawarkan. Penawaran dan pengumpulan data merchandising akan lebih cepat, mudah dan bersih dengan bantuan media online. Wirausahawan di Desa Butuh umumnya tidak berpendidikan tinggi, memiliki keterampilan khusus yang terbatas dalam teknologi dan modal kerja yang kurang. Akibatnya, produktivitas dan pendapatan mereka seringkali lebih rendah dibandingkan kegiatan usaha lainnya.

Tingkat pertumbuhan industri e-commerce sebesar 50% per tahun, ditambah dengan pertumbuhan pengguna smartphone yang terus berlanjut, memberikan peluang yang sangat besar bagi pelaku UMKM yang digerakkan oleh organisasi pemuda untuk meningkatkan penjualan produk. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan Muh Nur Rofiq seorang mahasiswa UNDIP ini dirancang di dalam Program Kuliah Kerja Nyata TIM 1 Universitas Diponegoro dan dilaksanakan di kediaman bapak Sukirno selaku sekertaris BPD di Dusun Garung Desa Butuh Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo.
Pelaksanaan Program KKN ini dibagi menjadi 3 bagian, fase pertama yakni diskusi bersama pelaku UMKM mengenai permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM yang ada di desa Butuh. Tahap kedua adalah penyebarab undangan pada pelaku UMKM yang ada di desa Butuh. Tahap terakhir adalah pelaksanaan sosialisasi Optimasi “social media marketing” di kediaman bapak Sukirno sebagai pelaku UMKM dan juga sekertaris BPD desa.
Pada tahap diskusi ditemukan masalah macetnya penjualan akibat kurangnya promosi dan juga dikarenakan pandemi covid-19 yang masih belum reda. Setelah ditelusuri mengapa banyak UMKM desa Butuh yang belum menggunakan media sosial sebagai sarana promosi adalah minimnya keterampilan dan pengetahuan masyarakat desa Butuh akan teknologi dan manfaatnya, yang pada kasus kali ini adalah promosi pada media social. Selepas melalui diskusi panjang bersama beberapa pelaku UMKM dan persetujuan kepala desa setempat, maka disepakati diadakan edukasi mengenai pentingnya media sosial sebagai sarana promosi yang efektif dikala pandemi.
Pelaksanaan sosialisasi ini mendapat sambutan yang positif dari para pelaku UMKM desa Butuh. Sosialisasi yang dilaksanakan pada 3 februari 2022 ini dari 12 Usaha UMKM yang diundang, 10 orang menghadiri acara dan 2 berhalangan hadir dengan konfirmasi ketidakhadirannya. Dalam kegiatan tersebut hadirin di berikan materi mengenai manfaat, tips dan trik, serta Langkah – Langkah membuat konten promosi di media sosial. Peserta sosialisasi yang belum memiliki media sosial yang kali ini adalah instagram dipandu membuat akun Instagram, mengubag akun biasa menjadi akun bisnis, kemudian diajari cara – cara menggunakan fitur Instagram ads. Sehingga setelah seslesai acara sosialisasi, para hadirin dapat dengan mandiri menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran mereka.
Reportase KKN Muh Nur Rofiq 14030118120030 FISIP Universitas Diponegoro Administrasi
DPL: Setya Budi Muhammad Abduh, S.Pt., M.Sc., Ph.D.
#P2KKN
#UNDIP