WAH! Tim KKN Undip menciptakan alat handsanitizer otomatis versi “budget”

Semarang (12/02/2022) – Saat ini dunia tidak sedang baik – baik saja. Berhembus kabar bahwasanya kita mungkin akan mengalami gelombang ketiga virus COVID-19. Virus ini terus bermutasi hingga saat ini muncul varian terbaru yaitu Omicron. Gejalanya sangat ringan bahkan tidak bergejala sehingga kita sulit untuk membedakannya dengan sakit flu biasa. Gejala yang berbeda dari varian ini adalah rasa mual beserta gejala flu biasa lainnya. Maka dari itu perlu adanya pengetatan protokol kesehatan di masyarakat, seperti menggunakan masker dengan benar, rutin mencuci tangan, menjaga jarak dan rutin menggunakan handsanitizer. Penggunaan handsanitizer menjadi hal paling praktis jika sedang tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan. Sehingga tim KKN Undip yang bertugas di Pendrikan Lor, Semarang berinisiatif untuk membangun kebiasaan rutin menggunakan handsanitizer di daerah tersebut dengan cara membuat alat handsanitizer otomatis.

Wahhhh, mahal dong? Tentu tidak! Alat ini dibuat dengan modal “budget” yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut rinciannya :

Langkah pembuatannya seperti dibawah ini ya!

Jangan lupa, setelah dibuat harus dirawat seperti penjelasan dibawah ini:

*Ikuti tutorial pada penjelasan diatas agar lebih paham pembuatannya.

Alat ini sangat diapresiasi oleh warga sekitar. Dengan adanya alat ini, diharapkan mampu membangun kebiasaan rutin menggunakan handsanitizer di kalangan warga Pendrikan Lor.

Edukasi pembuatan alat ini juga disampaikan kepada Karang Taruna Pendrikan Lor dan mendapatkan dukungan penuh. Harapannya, Karang Taruna setempat dapat mengembangkan alat ini agar lebih banyak warga yang dapat merasakan manfaatnya.

Saat ini sudah ada 2 alat yang diletakkan di sekitar wilayah Pendrikan Lor. Semoga semakin banyak alat handsanitizer otomatis yang disebar agar dapat mendukung pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan Pendrikan Lor.

Ditulis oleh : Zaharatul Aini

Dosen Pembimbing Lapangan : Ocid Mursid, S.T., M.T.