Edukatif Pengenalan Arsitektur pada Anak SD 02 Mangkang Wetan Semarang.
Semarang (03/02/2022) Kegiatan mengedukasi pada bidang arsitektur memiliki program yang bervariasi dan juga mengasah kreativitas. Salah satunya program SDGs dari Mahasiswa KKN Undip Tim I 2021/2022. Kegiatan KKN yang berlangsung di kelurahan Mangkang Wetan, Kec.Tugu Semarang . Pada masa pandemi ini memiliki dampak besar terhadap semua sector salah satunya dalam sektor Pendidikan. Dengan hal ini, diperlukanlah pengetahuan yang lebih luas khsusunya untuk Pendidikan anak Sekolah Dasar bukan hanya terfokus di mata pelajaran sekolah tetapi di berbagi bidang ilmu untuk mengembangkan skill dan kreatifitas anak. Dalam mengahpadi permasalahan ini , Mahasiswa KKN TIM I bimbingan Bapak Ir. Ibnu Praktikto M.Si memiliki program SDGs berkonsep menyenangkan dan edukatif. Pengajaran dilakukan di SD 02 Mangkang Wetan tepatnya murid kelas 3 SD. Anak-anak belajar melalui aktivitas yang dirancang untuk membuat mereka mengasah kemampuan berpikir,imajinasi dan rasa ingin tahu yang tinggi.
Materi program edukatif penegnalan arsitektur sejak dini dibagi menajdi 3 yaitu :
1. Arsitektur ranah kognitif
2. Arsitektur ranah afektif
3. Arsitektur ranah psikomotorik
Pada ranah Kognitif, anak-anak diajarkan mengenai pengenalan bangun datar dan bangun ruang. Dengan menyajikan materi power point yang tidak monoton dan ilustrasi yang disukai oleh anak sehingga anak-anak sangat penasaran dan ingin tahu tinggi. Dalam ranah kognitif, kegiatan ini termasuk ke dalam aspek penerapan (application)dan pengetahuan ingatan (knowledge). Pada ranah ini mengasah kemampuan berfikir seorang anak.
Pada ranah Afektif, anak-anak diajarkan mengenai penegnalan warna dan bentuk lewat aktivitas menggambar objek bangunan. Perasaan senang akan tumbuh seiring dengan aktivitas edukatif yang mendorong mereka lebih kreatif dan bertanggung jawab untuk lingkungan sekitar mereka.
Dan pada ranah Psikomotorik, anak -anak diajak membuat lanskap mini dengan tema “Our Own City”. Sederhananya kegiatan ini mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan prakarya dengan membuat jarring-jaring bangun ruang ke bentuk bangun ruang untuk menajdi pola berbentuk rumah lalu disusun tata lansakp nya. Ranah psikomotorik ini membutuhkan kekompakan dan kerja sama untuk mengasah skill, Gerakan dan perkakas yang membuat mereka semangat untuk mengejarkannya.
Siswa 3 SD 02 Mangkang Wetan sangat antusias sdengan segala kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa undip yang sukarela mengajar. Besar harapannya, untuk siswa -siswa SD 02 Mangkang Wetan dapat bersemangat lebih untuk mengejar cita-citanya, terlebih pada bidang arsitektur.
Penulis : Brissha Angelica Sinaga – Arsitektur 2018
Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Ibnu Pratikto, M.Si.