Mahasiswi KKN UNDIP Meningkatkan Minat Baca Pada Anak – Anak Guna Memunculkan Rasa Percaya Diri Mereka

Parenggan, Pati (12/02)– Pada masa pandemi seperti ini banyak anak-anak yang belajar di rumah karena pemerintah belum mengizinkan untuk tandanya belajar tatap muka di sekolah, sehingga hal ini memungkinkan banyak anak-anak yang orang tuanya mungkin sibuk bekerja tidak bisa menghandle dan mengontrol anak-anaknya di rumah. Sehingga terkadang banyak anak-anak yang lebih suka bermain. di sekitar lingkungan saya banyak sekali anak-anak yang pada saat jam pelajaran sekolah mereka mereka asyik bermain.

Pentingnya meningkatkan minat baca pada anak-anak pada zaman sekarang dengan cara pembagian buku cerita karena di sekitar tempat tinggal banyak kali anak-anak yang memiliki kurang minat dalam membaca apalagi adanya pandemi seperti ini membuat mereka belajar di rumah, dan karena orang tua mereka kebanyakan sibuk bekerja jadi anak-anak hanya bermain dan bermain.

Mahasiswi KKN TIM 1 UNDIP Mega Maulidya Putri memberikan pendampingan dalam membaca buku cerita dilakukan karena banyak anak yang bermain ini terkadang melakukan kegiatan seperti konser kecil yang berarti mereka sudah memiliki tingkat percaya diri yang baik untuk bernyanyi tetapi untuk menceritakan kembali buku yang mereka baca mungkin itu merupakan sesuatu yang beda. Program tersebut ditujukan kepada Warga masyarakat khususnya anak – anak yang masih bersekolah di sekolah dasar di RT 02 RW 01 Desa Parenggan. Dilakukan 2 kali pada tanggal 28 Januari dan 3 Februari 2022 di Rumah Mahasiswi di RT 02 RW 01 Desa Parenggan.

Hasil yang diharapkan dengan adanya program ini adalah terciptanya minat baca pada anak-anak sekolah dasar di wilayah Rt 02 Rw 01 Desa Parenggan, serta dapat memunculkan inisiatif dari orangtua untuk memberikan bahan bacaan pada anak. Selain mau menciptakan minat baca pada anak-anak juga memiliki ketertarikan dan menganggap bahwa pembaca itu hal yang menyenangkan. Serta meningkatkan rasa percaya diri mereka dengan bercerita di depan teman-temannya, jadi walaupun mereka bermain mereka tetap bisa belajar dengan membaca dan bercerita bersama.  

Penulis : Mega Maulidya Putri

DPL : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio

#KKNTimIUNDIP2022

#UNDIP

#P2KKN #LPPMUNDIP

#PotensiDesa