Varian Omicron Mengganas, Mahasiswa UNDIP Ciptakan Alat Hand Sanitizer Otomatis Lengkap Dengan Buku Panduannya

Alat Hand Sanitizer Otomatis beserta Buku Panduan
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Semarang (12/02/2022) – Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia pada bulan Februari 2022 semakin banyak akibat adanya varian baru yaitu Omicron. Satuan Tugas Penanganan┬áCovid-19┬ámencatat 312.808 kasus aktif, pada Jumat (11/02/2022). Jumlahnya bertambah 24.622 kasus dari sehari sebelumnya.

Dilansir dari website p2p.kemkes.go.id, salah satu upaya mencegah penyebaran virus adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Selain cuci tangan menggunakan sabun, kita juga dapat membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Oleh karena itu, mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP 2022 yang berada di Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang yang dibimbing oleh Daud Samsudewa, SPt, M.Si, Ph.D. membuat alat hand sanitizer otomatis dengan menggunakan sensor. Hand sanitizer mengeluarkan cairan jika sensor mendeteksi adanya halangan pada jarak tertentu. Adapun tentang buku panduan alat hand sanitizer yang berisi tutorial pembuatan dan perawatan alat agar alat bertahan lama, sehingga performa alat tetap dalam kondisi normal.

Pendampingan masyarakat dengan Karang Taruna RT 02 RW 06 Kelurahan Pendrikan Lor mengenai alat dan buku panduan alat
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pada hari Minggu (06/02/2022) dilakukan pendampingan masyarakat bersama Karang Taruna Desa Pendrikan Lor terkait hand sanitizer otomatis dan pembinaan secara komprehensif. Tujuan program pendukung ini adalah untuk memudahkan pemahaman penggunaan dan pemeliharaan alat tersebut serta untuk mengoptimalkan kegunaannya. Hand sanitizer otomatis beserta buku petunjuk alat tersebut kemudian diserahkan kepada ketua RW 06 Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Penyerahan alat hand sanitizer beserta panduannya ke ketua RW 06 Pendrikan Lor yang di wakilkan oleh anaknya
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Harapannya, alat hand sanitizer otomatis ini mampu menjadi solusi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk kembali meningkatkan protokol kesehatan mengingat kasus COVID-19 kembali meningkat.

Penulis: Muhamad Hamdani Adnan Fakultas Teknik, Program Studi S1- Teknik Elektro
Dosen Pembimbing Lapangan: Daud Samsudewa, SPt, M.Si, Ph.D.
Lokasi: Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang