Generasi Muda Bebas Narkoba!!!

Webinar Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Semarang (12/02/2022) – Penyalahgunaan narkoba merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di lingkungan masyarakat. Penyalahgunaan narkoba adalah permasalahan yang sulit diberantas jika hanya menangkap pelaku ataupun bandar narkoba karena penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan melalui apa saja dan dimana saja, melainkan harus digalakkan adanya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara umum.

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa Undip melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan penyuluhan mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penyuluhan ini dikemas dalam bentuk webinar secara online melalui zoom meeting yang diadakan pada hari Rabu, 2 Februari 2022 dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Beliau ialah dr. Ajeng Ariana Kusumastuti yang merupakan seorang dokter umum. Tidak hanya narasumber, webinar ini juga dihadiri tamu spesial yaitu Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si yang merupakan Dosen Fakultas Teknik Undip.

Webinar Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja

Webinar ini mengusung tema “Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Remaja” atau bisa disingkat PERBANARA. Melalui webinar, dr. Ajeng menyampaikan materi mulai dari pengenalan narkoba, golongan tiap jenis narkoba, efek yang ditimbulkan dari narkoba hingga langkah – langkah dalam pencegahan narkoba. Webinar ini dirasa masih efektif dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya para pemuda terkait penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Selain webinar, pencegahan narkoba juga dikemas melalui poster. Harapannya setelah diadakan webinar ini, masyarakat khususnya pemuda paham terkait pencegahan narkoba dan lebih sadar akan pentingnya peran mereka sendiri dalam pencegahan narkoba.  

Yuk Jadi Generasi Muda Bebas Narkoba

Cegah Narkoba, Demi Indonesia Bersih dan Sehat

Penulis : Sitti Nuriyah Wachidah (Teknik Elektro)

Dosen Pembimbing Lapangan : Ari Wibawa Budi Santosa., S.T., M.Si.