Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pentingnya Pola Hidup Sehat Pada Remaja, Remaja Sehat adalah Remaja Cerdas

Kota Bogor (5/2/22), Remaja merupakan populasi terbanyak dibandingkan dengan jumlah populasi rentang usia lainnya. Menurut Badan Pusat Statistik tercatat sebanyak lebih dari 22 ribu remaja di Indonesia. Selain itu, remaja merupakan calon daripada generasi penerus yang perlu dipersiapkan kualitasnya dari berbagai sisi. Salah satunya dari segi kesehatan dan gizi. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi remaja yang masih dalam proses pertumbuhan sehingga kebutuhan gizinya harus terpenuhi. Saat remaja, penting untuk memiliki status gizi yang baik. Remaja yang sehat dapat membangun bangsa yang sehat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola hidup sehat pada remaja.

Edukasi bertajuk “Remaja Sehat, Remaja Cerdas” berisi serangkaian materi mengenai pentingnya memiliki pola hidup sehat dan jiwa yang sehat. Pola hidup sehat meliputi waktu istirahat yang cukup dan penerapan gizi seimbang. Istirahat yang cukup khususnya memiliki kualitas tidur yang baik adalah hal yang perlu diperhatikan terutama remaja saat ini yang memiliki intensitas terpapar gadget yang tinggi dan gemar mengkonsumsi kafein. Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur pada remaja dan nantinya akan berdampak pada status gizi, yaitu risiko obesitas. Namun, pola hidup sehat juga perlu disertai dengan jiwa yang sehat. Status gizi yang baik penting untuk dimiliki remaja. Akan tetapi, remaja yang sedang mengalami pertumbuhan juga mengalami perubahan karakterisitik fisik. Hal tersebut tidak jarang mempengaruhi citra diri terhadap bentuk tubuhnya atau yang biasa dikenal dengan istilah body image. Body image yang baik perlu dimiliki remaja agar remaja tidak tertarik untuk mengubah bentuk tubuh dengan diet yang tidak tepat.
Acara edukasi oleh mahasiswi KKN Tim 1 UNDIP 2021/2022 diawali dengan perkenalan kepada remaja karang taruna melalui platform Whatsapp. Kemudian mahasiswi membuka penyampaian inti daripada materi dan membagikan materi berupa e-poster. Setelah itu, remaja dipersilakan untuk bertanya saat dibuka sesi tanya jawab. Agar dapat diterima dengan baik, maka materi dibuat dengan bahasa yang cukup mudah dipahami serta penggunaan gambar atau tulisan yang menarik pada poster. Remaja diharapkan dapat memahami pentingnya memiliki pola hidup yang sehat dan jiwa yang sehat khususnya di masa pandemi ini.

Salam sehat!