Narkoba vs Gizi, Mahasiswi KKN Undip Lakukan Edukasi Pada Remaja Secara Online

Kota Bogor (4/2/22), Menurut Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN), remaja yang menyalahgunakan narkotika mengalami peningkatan di tahun 2019 yaitu menjadi 24%-28%. Angka tersebut tidak dapat dibiarkan dan perlu pencegahan agar tidak semakin bertambah. Saat ini juga tengah marak munculnya kasus pecandu narkoba yang berasal dari kalangan selebritas. Sementara saat ini sehari-hari, remaja memiliki interaksi dengan gawai dan dapat dengan mudah mengakses teknologi dan mengikuti akun media sosial selebritas. Pencegahan terhadap narkoba perlu dilakukan sejak awal agar remaja tidak terjerumus atau bahkan tertarik untuk mencobanya. Sehingga edukasi oleh mahasiswi KKN Tim 1 UNDIP 2021/2022 mengenai anti narkoba melalui pemaparan bahaya narkoba terhadap gizi dinilai penting untuk diberikan pada remaja.

Edukasi “Narkoba vs Gizi” berisi serangkaian materi mengenai bahaya narkoba dan dampak buruknya terhadap gizi khususnya asupan dan status gizi remaja serta cara pencegahan agar tidak terjerumus ke dalam narkoba dengan menerapkan pola hidup sehat. Apabila seseorang sudah terjerat narkoba maka kualitas hidupnya dapat menurun. Salah satunya dapat mempengaruhi penurunan asupan dan status gizi kurang. Konsumsi narkotika dapat membuat nafsu makan menurun sehingga memiliki dampak panjang pada status gizi yang tergolong kurang. Hal tersebut tentu saja perlu dihindari. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat agar tidak terkena dampak negatif daripada narkoba. Pola hidup sehat yang dapat diterapkan guna mencegah terjerumusnya remaja kepada narkoba, diantaranya makan makanan bergizi seimbang, berolahraga, istirahat yang cukup, dan rutin melakukan cek kesehatan.
Acara edukasi diawali dengan perkenalan kepada remaja melalui platform Zoom Meeting. Kemudian mahasiswi membuka penyampaian inti daripada materi dan membagikan materi berupa powerpoint. Setelah itu, remaja dipersilakan untuk bertanya saat dibuka sesi tanya jawab. Agar dapat diterima dengan baik, maka materi dibuat dengan desain pada powerpoint yang menarik dan sesederhana mungkin untuk dipahami. Harapannya, remaja diharapkan dapat memahami bahaya narkoba karena dampak negatifnya terhadap status gizi dan pentingnya untuk mencegahnya dimulai dari hal seperti penerapan pola hidup sehat.

Asupan tepat, Cegah Narkoba!