CEGAH PENULARAN COVID-19 DENGAN GUNAKAN HANDSANITIZER SISTEM INJAK

Semarang(07/02/2022) – Covid-19 adalah sebuah virus yang dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas. Partikel ini dapat berupa droplet yang lebih besar dari saluran pernapasan hingga aerosol yang lebih kecil. Di Indonesia sendiri sudah mencapai 4 juta 500 lebih kasus yang dimana 145 ribu nyawa melayang dibuatnya.

Seseorang dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika berada di dekat orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi. Virus lebih mudah menyebar di dalam ruangan dan di tempat ramai.

Dengan adanya masalah ini mahasiswa KKN Tim I UNDIP Tahun 2021/2022 melakukan pembuatan alat handsanitizer sistem injak untuk mengurangi bertambahnya peyebaran virus covid-19 melalui sentuhan langsung. Program kerja ini dilakukan  di kebun toga milik RT 01 di RW.03 Kelurahan Sumurboto agar dapat digunakan oleh kalangan masyarakat terutama ibu ibu/bapak bapak setempat selagi mengurus kebun toga. Adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menjaga diri dari covid-19 dengan menghindari dari menyentuh langsung barang yang belum di ketahui kehigienisannya.

Penulis : Donny Prasetyo Prayitno

DPL    : Ir. Ibnu Pratikto, M. Si.

Lokasi : RW.03 Kelurahan Sumurboto Kecamaran Banyumanik