Masih Percaya Mitos, Mahasiswa Undip Mengajak Warga Kenali Fakta Covid-19

Wonosobo (12 Februari 2022) – Begitu banyak berita simpang siur yang berkembang di masyarakat. Berita-berita ini beredar dengan cepat dan massif dikarenakan perkembangan teknologi. Berita-berita ini beredar melalui internet dan obrolan dari mulut ke mulut. Dikarenakan banyaknya berita yang meredar, seringkali masyarakat menjadi bingung untuk membedakan mana mitos dan mana fakta. Tak jarang masyarakat terbalik akan keduanya dan lebih mempercayai mitos.

Perlunya pengenalan fakta mengenai Covid-19 membuat mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tergugah. Pada 27 Januari 2022, dilaksanakan kegiatan penempelan poster yang berisikan “Mitos dan Fakta Seputar Covid-19”. Poster ini ditempelkan di lingkungan Desa Manggis dan SMPN 2 Leksono. Poster ditempelkan pada 6 titik strategis dimana banyak orang berlalu Lalang seperti di papan-papan madding, warung-warung, Puskesmas Pembantu Desa, dan masjid. Harapannya orang yang berlalu lalang dan melihat poster ini akan membaca dan dapat membedakan mitos dan fakta Covid-19.

Perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh mahasiwa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro. Penyebaran poster tidak hanya dilakukan menggunakan hard file, tetapi juga soft file. Soft file poster dibagikan melalui WhatsApp Group warga. Selain itu, warga juga diajak untuk bekerja sama membagikan poster tersebut melalui WhatsApp Story. Upaya ini dilakukan agar informasi dapat menyebar dan menjadi pengingat bahwa pandemic masih berlangsung.

Harapannya, poster ini dapat dibaca dan dipahami oleh semua elemen masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia. Agar pencegahan dan penanganan Covid-19 lebih tepat. Poster ini juga diharapkan menjadi pengingat bagi masyarakat. Pengingat bahwa Covid-19 bukanlah penyakit kecil yang pantas diabaikan, namun bukan pula aib yang harus ditutupi. Maka dari itu, masyarakat tetap perlu memberikan perhatian dan bijak dalam menanggapi sebuah berita agar tidak merugikan diri dan kerabat sendiri.

Penulis         : Rizqa Tri Wulandari (Fakultas Ekonomika dan Bisnis, NIM : 12030118130254)
DPL               : Retna Hanani, S.Sos, MPP
Lokasi KKN  : Dukuh Ngepoh, RT. 24/RW. 06, Desa Manggis, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah