Berkunjung Sambil Belajar, Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Membuat WebGIS Persebaran UMKM Desa Cepogo Guna Inventarisasi Potensi Desa Berbasis Web

Berbincang-bincang bersama pelaku UMKM Kerajinan Tembaga dan Kuningan Desa Cepogo

Boyolali, Sabtu (12/02/2022) – Desa Cepogo merupakan salah satu desa yang bekembang pesat di Indonesia. Desa yang terkenal dengan Dukuh Tumang ini memiliki segudang potensi desa terutama di bidang industri. Perkembangan industri di Desa Cepogo tak lepas dari determinasi masyarakat Desa Cepogo dan dukungan dari pemerintah setempat. Banyak UMKM di Desa Cepogo mulai dari usaha kuliner, pakaian, dan yang paling terknal yaitu kerajinan tembaga dan kuningan.

Disamping pesatnya kemajuan industri di Desa Cepogo, kerajinan tembaga dan kuningan merupakan sektor utama (main sector) industri di Desa Cepogo. Kemajuan sektor industri ini tak lepas dari sejarah panjang yang sudah dilalui berpuluh-puluh tahun yang lalu, mulai dari naik turun nilai (value) dari tembaga dan kuningan itu sendiri sampai bentuk pemanfaatan tembaga dan kuningan.

Pesatnya perkembangan kerajinan tembaga dan kuningan serta permintaan konsumen yang banyak membuat kerajinan tembaga dan kuningan merambah ke tempat-tempat lain di Desa Cepogo. Hal ini yang membuat industri kerajinan tembaga dan kuningan di Desa Cepogo menjadi sektor yang paling berpengaruh dalam perkembangan industri desa.

WebGIS Persebaran UMKM Desa Cepogo

UMKM yang ada di Desa Cepogo merupakan potensi desa yang harus dijaga. Salah satu cara untuk menjaga sebuah potensi desa adalah dengan cara invetarisasi potensi desa. WebGIS Persebaran UMKM Desa Cepogo merupakan sebuah web yang dibuat oleh mahasiswa UNDIP yang bertujuan untuk mengenalkan potensi UMKM Desa Cepogo sekaligus inventarisasi UMKM melalui peta persebaran UMKM yang dapat diakses secara online.

Penulis : Azam Aminudin

DPL : Dyah Wijaningsih S.H., M.H.