Keluarga adalah agen primer yang berperan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk generasi muda, mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2021/2022 mengadakan program sosialisasi pencegahan narkoba di lingkungan keluarga.

Perlu bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para orang tua tentang seluk-beluk bahaya dan akibat narkoba. Dengan mengetahui hal yang terkait segala risiko dan bahaya narkoba, orang tua bisa melihat danmendeteksi secara dini segala keanehan yang muncul dalam keseharian anggota keluarganya (anak-anak), baik dalam keseharian di rumah maupun aktivitas bersama rekan sebayanya. Para orang tua juga perlu diingatkan untuk senantiasa menjaga komunikasi dengan anaknya. Jika bekal keterampilan ini sudah dimiliki oleh para orang tua, maka membiarkan anak untuk berlama-lama mengurung diri di dalam kamar tentu bukan hal yang positif. Banyak kasus keterlibatan anak dalam narkoba bermula dari masalah keluarga. Paling tidak dari minimnya komunikasi antaranggota keluarga. Karena itu, senantiasa menjaga kebersamaan merupakan hal yang mutlak bagi upaya deteksi dini untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

Dalam mendukung program ini, mahasiswa UNDIP yang sedang melaksanakan KKN di wilayah Kelurahan Pancoran mengadakan Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Lingkungan Keluarga kelurahan Pancoran. Mahasiswa membuat sosialisasi dengan media poster menarik yang ditempelkan di sekitar lingkungan kantor secretariat karang taruna dan kantor RW setempat. Kegiatan dilaksanakan di tanggal 20 Januari 2022 bersama dengan kelompok mahasiswa lain dan berkoordinasi secara langsung dengan Lurah Pancoran.

Penulis               : Muhammad Ciro Danuza (Ilmu Ekonomi 2018)
DPL                      : Yayuk Astuti, S.Si., Ph.D.