Meluasnya Peredaran Narkoba : Mahasiswa UNDIP Melakukan Edukasi dan Diskusi Bahaya Narkoba Bersama Anak-anak

Dewasa ini peredaran narkoba dengan sangat mudah menyebar di seluruh lapisan masyarakat, khususnya di kalangan anak-anak. Sangat berbahaya apabila anak-anak sebagai generasi Penerus Bangsa terjangkit narkoba. Narkoba dapat menummbuhkan mental dan karakter yang sangat buruk bagi siapaun yang mengkonsumsinya. Efek samping yang ditimbulkan dari narkoba sangat luar biasa dan dapat merusak otak serta jiwa manusia. Maka dari itu perlu ada pemahaman sejak diri kepada anak-anak mengenai bahaya narkoba, agar para generasi Penerus Bangsa Indonesia menjadi generasi yang baik seperti cita-cita Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno “Beri aku sepuluh pemuda, akan ku guncang dunia”.

Melihat kondisi yang serba mengkhawatirkan mengenai peredaran narkoba yang meluas di seluruh kalangan masyarakat khususnya anak-anak, Bagus Wahyu Setyawan mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro yang tergabung dalam KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 di Kelurahan Kramas melakukan upaya kegiatan pencegahan narkoba sejak dini dengan cara memberika pemahaman dan diskusi Bersama anak-anak di Kelurahan Kramas mengenai bahaya narkoba dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan diskusi dan edukasi terhadap bahaya narkoba ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 8 Februari 2022. Kegiatan diskusi dan edukasi terhadap bahaya narkoba ini diikuti dengan sangat antusias oleh anak-anak Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Mereka rata-rata masih duduk di bangku kelas 3 SMP, tetapi semangat untuk mengetahui bahaya narkoba sangat tinggi. Bahkan salah satu diantara mereka sudah sangat mengetahui bahwa narkoba dapat merusak masa depan kita. Ternyata Di sekolah ternyata mereka sudah mendapatkan sedikit pengetahuan tentang bahay narkoba dari guru-guru di sekolahannya.

Kegiatan pemahaman bahaya narkoba kepada anak-anak ini diharapkan dapat menumbuhkan para generasi bangsa yang mempunyai mental dan karakter yang baik, agar dapat membawa bangsa dan negara ini menjadi lebih baik. Selain itu perlu adanya perhatian khusus dari orang tua kepada anak-anak agar anak-anaknya tidak mudah bergaul dengan dunia luar yang penuh dengan ancaman narkoba. Selain itu juga perlu adanya perhatian dari pemerintah untuk mencegah narkoba dari anak-anak, pemerintah bisa melakukan pemberian hukuman mati kepada pengedar narkoba yang telah merusak bangsa dan negara ini.

Penulis : Bagus Wahyu Setyawan (Ilmu Pemerintahan)

DPL : Daud Samsudewa, S.Pt, M.Si, Ph.D