Mahasiswa KKN TIM 1 Undip melakukan digitalisasi kepada UMKM

Kondisi UMKM sebelum pandemic Covid-19 dialami cukup baikoleh seluruh pelaku usaha, namun sejak pandemic covid melanda, 56,8% UMKM berada dalam kondisi terpuruk dan mayoritas UMKM mengalami dampak negatif yang menyebabkan penurunan omzet hingga lebih dari 30%. Survei menunjukan sejumlah langkah efisiensi telah dilakukan oleh para UMKM, salah satunya adalah dengan digitalisasi UMKM yaitu mengubah saluran pemasaran. Dalam hal ini, penulis memilih mendaftarkan UMKM ke go-food untuk mempermudah proses transaksi jual beli produk.

Solusi ini terdiri dari fitur teknologi yang mendorong peningkatan permintaan konsumen, serta dukungan di luar teknologi yakni pelatihan wirausaha dan jejaring bisnis. Dukungan komprehensif ini dirancang khusus untuk membantu UMKM beradaptasi, mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online. Dengan adanya layanan go-food, tentunya akan lebih mudah bagi UMKM memasarkan dan menjual produknya. Adanya go-food juga mempermudah konsumen dalam memilih dan membeli produk UMKM.

Penulis : Elisa Ardiani (S1-Ekonomi)

DPL: Asri Nurdiana, S.T., M.T.