Kampanye Bahaya Narkoba dan Bahaya Covid-19 kepada Warga Kelurahan Kramas

Saat ini, kasus penggunaan narkoba semakin sering terjadi. Ada banyak berita di kalangan selebriti yang ditangkap dalam kasus narkoba. Penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia telah menjadi masalah yang serius dan mengkhawatirkan. Narkoba merupakan ancaman nyata yang perlu ditangani secara serius dan mendesak. Situasi di wilayah Indonesia berpotensi menjadi sasaran yang menarik bagi para pengedar narkoba. Remaja masih menjadi sasaran empuk para pengedar narkoba.

Masa remaja merupakan masa transisi yang dialami seseorang dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Masa remaja adalah masa paling rentan yang dihadapi seseorang sebagai seorang anak. Dimulai dengan anak-anak mereka, mereka mengalami perkembangan fisik dan mental dan beberapa perubahan. Dalam proses tumbuh kembang remaja, peran orang tua perlu mengawasi interaksi sosial anak setiap saat, agar tidak terjadi pergaulan yang salah yang mengarah pada kenakalan remaja.

Pada hari Sabtu (22/01/2022) mahasiswa TIM I KKN UNDIP melakukan edukasi bahaya narkoba dan Covid-19 kepada warga saat diadakan rapat warga. Dengan melakukan edukasi bahaya narkoba diharapkan para remaja memiliki pemahaman bahwa efek negatif narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan baik fisik maupun psikis serta dapat berakibat pada kehidupan sosial. Selain itu, diharapkan juga masyarakat akan lebih waspada dengan Covid varian baru meskipun kasus Covid-19 saat itu sedang menurun.

Penulis: Gamastri Duary

Dosen Pembimbing: Daud Samsudewa, SPt, M.Si, Ph.D