MAHASISWA KKN UNDIP MENGENALKAN BRANDING PRODUK DAN PEMBUATAN MINI PHOTO STUDIO UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Gunung Pati, Semarang (12/02/2022) – Pada kurun waktu hampir dua tahun Covid-19 mewabah negara kita tercinta, Indonesia. Belum terlihat tanda-tanda dari pandemik Covid-19 yang akan menghilang. Pandemik yang berkepanjangan, dampak sangat dirasakan oleh Sebagian masyarakat di Indonesia. Perekonomian merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Ekonomi masyarakat bahkan negara seketika menjadi lesu. Banyak pelaku usaha termasuk UMKM yang terpaksa harus tutup demi mematuhi aturan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, misalnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), belum lagi masalah bahan baku, terhambatnya distribusi dan perubahan pola konsumsi masyarakat. Tidak sedikit perusahaan yang melakukan PHK, wirausaha yang gulung tikar, bahkan pelaku UMKM yang harus menutup usahanya.
UMKM merupakan salah satu unit usaha yang sangat berkontribusi bagi perekonomian Indonesia. UMKM menjadi jaring pengaman sekaligus penggerak perekonomian. Demi menunjang pemulihan ekonomi menuju pasca pandemi, pemerintah menyiapkan insentif bagi pelaku UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Selain itu, pemerintah juga terus mendorong para pelaku UMKM agar memanfaatkan platform digital untuk menunjang pemasaran produk UMKM.
Menyikapi hal tersebut, Najib Nur Kardam satu mahasiswa KKN Tim I UNDIP berinisiatif untuk memberikan edukasi terkait branding produk UMKM. Branding merupakan usaha atau strategi membangun citra perusahaan untuk menarik kepercayaan konsumen.
Kegiatan pertama dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan sosialisasi tentang branding produk agar dapat meningkatkan minat konsumen yang ingin mengenal produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM pada kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan pelaksanaa pembuatan mini photo studio yang mempunyai manfaat agar dapat memperlihatkan visualisasi foto produk menjadi terlihat lebih bersih dan menarik sehingga dari pemanfaatan mini photo studio ini masyarakat umkm akan dapa menarik minat konsumennya sehingga produk akan dapat dikenal dengan baik oleh masyarakat. Tidak lupa pada hari berikutnya juga dilakukan penempelan poster disekitar wilayah RW II dan RWIII Kelurahan Gunungpati
Dengan terlaksananya program ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dimana nantinya akan menambah ilmu pengetahuan, memberikan ide bisnis baru dan menumbuhkan jiwa wirausaha masyarakat sehingga akan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat.
Penulis: Najib Nur Kardam
KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022
DPL: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.