Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi Kesehatan Lansia untuk Sambut Dosis 2

Keberhasilan vaksinasi Covid-19 bagi lansia tidak terlepas dari peran berbagai sektor. Mulai dari Keluarga yang mendampingi lansia agar dalam kondisi fit dan mau untuk divaksin, Tim Satgas Covid yang mensosialisasikan dan mendata, seta Tim pelayanan kesehatan yang menjamin ketersediaan vaksin, penyimpanan yang benar, skrining, penyuntikan dan pemantauan kesehatan pasca pemberian vaksin.

Dilansir dari CNN Indonesia per 10 Januari 2022, lansia tidak memiliki ketahanan tubuh seperti orang dewasa di usia muda. Fungsi tubuh dan organ dalam milik lansia mengalami kemunduran sehingga perlu diperhatikan sebelum ikut serta dalam vaksinasi Covid-19. Pemeriksaan kesehatan sebelum vaksinasi juga dibutuhkan terutama pada lansia dengan penyakit penyerta atau komorbid. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan tidak ada fungsi organ yang terganggu.

“Vaksinasi tahap 2 di Desa Butuh belum dilaksanakan karena dosis 1 baru saja dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Angka vaksinasi dosis 1 masih tergolong rendah. Masih ada lansia di Desa Butuh yang belum menerima vaksin dosis 1.” ujar Dzikroni selaku Kepala Desa Butuh, Selasa(11/01/2022).

Jadwal vaksinasi dosis 2 yang belum diketahui kemudian dipastikan Kembali oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, Itsna Nurul Khamidha, di Puskesmas Kalikajar II.

Gambar 1. Pertemuan dengan Kepala Puskesmas Kalikajar 2 (sumber : dokumen pribadi)

“Dosis 2 memang belum dilaksanakan karena  saat ini Puskesmas masih mengagendakan vaksinasi untuk anak SD, dan dikejar vaksinasi Booster. Dan memang di Desa Butuh jumlah lansia yang menerima vaksin dosis 1 masih sedikit” ungkap Farida selaku Kepala Puskesmas Kalikajar II, Senin(17/01/2022).

Gambar 2. Dokumentasi program secara door to door kepada salah satu lansia yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis 1 (sumber : dokumen pribadi)

Guna mendukung program percepatan dan pemerataan vaksinasi Covid-19 khusunya pada lansia, Itsna Nurul Khamidha melakukan program edukasi kesehatan lansia untuk menyambut vaksinasi tahap 2. Edukasi yang dilaksanakan secara door to door pada Kamis(27/01/2022) menggunakan poster sebagai alat bantu penyampaian materi.

Gambar 3. Poster Kegiatan Tuntaskan Vaksin Covid-19 pada Lansia (sumber : dokumen pribadi)

Poin penting yang disampaikan dalam edukasi meliputi alasan mendasar lansia harus menerima vaksinasi secara tuntas dan tips lansia dalam menjaga kesehatan sebelum menerima vaksinasi dosis 2. Disamping melakukan edukasi, Itsna Nurul Khamidha juga memberikan masker kepada para lansia sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid -19 pada lansia meskipun mereka sudah mendapatkan vaksin dosis 1.

Oleh : Itsna Nurul Khamidha, Fakultas Kesehatan Masyarakat Masyarakat, Universitas Diponegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *