Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2022 Beri Pendampingan dan Ajarkan Cara Menarik Konsumen bagi Pemilik UMKM melaui Aplikasi Google My Business
Semarang (20/01) – Digital Marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dan produksi dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas. Mengapa digital marketing itu penting, alasan utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang Anda kelola tentunya juga dapat dikenal tak cuman di wilayah Anda, namun juga di wilayah-wilayah lainnya. Dengan demikian, peluang mendapatkan customer pun juga dapat semakin besar. Salah satu manfaat terbesar dari aplikasi mobile adalah perusahaan bisa memberikan semua informasi yang ingin disampaikan kepada pelanggan, termasuk penjualan dan promosi khusus. Menariknya semua informasi ini bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan dengan hanya menggerakkan ujung jari mereka. Aplikasi Mobile yang digunakan dalam hal ini adalah Google My Business/ Google Bisnisku.
Google bisnisku (Google My Business) merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh Google untuk mempermudah calon klien mengetahui informasi bisnis, seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review klien. Dimasa Pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak sekali UMKM yang terkena imbasnya, mulai dari penurunan omzet penjualan yang berpengaruh langsung pada operasional usaha hingga pengurangan jumlah karyawan, sehingga dengan melihat ini Mahasiswa KKN Undip Tim II yang bernama Oktavian Mutakholik Suja, bergerak untuk membantu salah satu UMKM yang penjualannya mengalami penurunan yaitu Bakpia Nuqiqu dengan pemilik yang bernama Ibu Wahyu Netty yang beralamat di Jalan Ngesrep Timur V dalam 2 gang mulia no 26 C, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang dengan cara melakukan sosialisasi pendaftaran usaha Bakpia Nuqiqu pada aplikasi Google My Business. Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis, 05 Agustus 2021, yang dilanjutkan dengan foto produk dari UMKM untuk diupload di feeds akun Google My Business. Dengan Mendaftarkan UMKM ke Google My Business akan diperoleh banyak sekali benefit, diantaranya adalah:
1. Mempermudah Calon Konsumen Menemukan Informasi Mengenai Profil Usaha
Saat melakukan pencarian, banyak juga calon konsumen yang malas untuk membuka website, ada yang menganggap membuka website itu ‘ribet’, atau karena tidak mengerti menggunakan website tersebut. Dengan mendaftarkan bisnis ke Google Bisnis, maka calon konsumen tidak perlu lagi membuka website untuk mengetahui informasi mengenai usaha anda, mulai dari operasional, lokasi dan sebagainya.
2. Media Komunikasi Calon Konsumen
Google Bisnisku menyediakan fitur ‘tanya jawab’ yang dapat dijadikan media komunikasi bagi pemilik usaha dengan calon konsumen. Calon konsumen bisa menanyakan berbagai hal mengenai bisnis anda.
3. Mempermudah Kamu Mendapatkan Review dari Pelanggan
Mendapatkan review dari pelanggan merupakan hal penting yang perlu didapatkan demi perkembangan bisnis yang lebih baik. Serta dengan review tersebut mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan produksi
Kurang lebih itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan benefit dari mendaftarkan usaha anda ke Google My Business, harapannya setelah pemilik usaha mendaftarkan usahanya, insight dan kunjungan calon pelanggan akan terus naik dan pada akhirnya bias menaikkan kembali omset penjualan dari UMKM, apalagi seperti dimasa Pandemi Covid seperti sekarang ini, yang membatasi mobilitas masyarakat, sehingga melalui platform digital para pemilik usaha bisa terus memasarkan dan menjalankan usahanya.
KKN UNDIP TIM I 2022
Penulis : Achmad Rifqi, S-1 Ilmu Sejarah.
DPL KKN : Nikie Astorina Yunita D. SKM., M.Kes