Tim KKN I Undip Memberikan Edukasi Terkait Pemilihian Daging Ayam ASUH (Aman, Sehat,Utuh, dan Halal) Guna Menghindari Kecurangan

Tembalang (8/2/2022) – Mahasiswa KKN UNDIP memberikan informasi dan edukasi warga Kelurahan Sumurboto mengenai pemilihan produk ternak yang ASUH guna menghindari kecurangan pedagang. Dalam kegiatan tersebut warga diberitau cara memilih produk ternak yang ASUH. Selain itu warga diberi selembaran pamflet untuk memudahkan memahami konsep ASUH pada produk ternak.

ASUH  yaitu :

  • Aman, tidak mengandung bahaya biologis, kimiawi dan fisik yang dapat menyebabkan penyakit serta mengganggu kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Bahaya biologis diakibatkan adanya mikroorganisme/jasad renik. Bahaya kimiawi berupa residu obat Hewan dan hormon, cemaran pestisida, bahan tambahan pangan berbahaya, logam berat, dan protein infeksius. Bahaya  fisik misalnya karena adanya serpihan kayu, pecahan kaca, atau serpihan batu.
  • Sehat, bahan pangan asal hewan (daging, telur, susu, dan lainnya) harus memiliki unsur-unsur nutrisi (protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin) yang  seimbang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan serta pertumbuhan tubuh manusia. Kandungan unsur nutrisi tersebut dapat rusak akibat cara penanganan yang tidak tepat.
  • Utuh, pangan asal hewan tersebut tidak bercampur dengan bagian lain dari hewan dan sesuai dengan deskripsi yang ada pada label produk. Untuk memastikan pangan asal hewan memenuhi unsur Utuh tersebut, peternak atau pengusaha di bidang peternakan harus menerapkan cara pengendalian mutu (quality control) yang ketat, sehingga pangan asal hewan tersebut tidak tercampur dengan bagian-bagian lain.
  • Halal, Konsep Halal pada pangan asal hewan merujuk pada suatu kondisi pangan asal hewan tersebut atau tindakan yang telah dinyatakan halal sesuai dengan syariat Islam. Unsur halal terpenuhi bila pangan asal hewan tersebut dihasilkan dari hewan yang secara syariat Islam dibolehkan untuk dikonsumsi dan dilakukan tindakan penyembelihan dan penanganan yang juga sesuai syariat Islam

Pemilihan daging ayam ASUH

  • Memiliki warna putih kemerahan dan cerah
  • Permukaan daging lembab
  • Daging terlihat bersih (tidak ada memar)
  • Terlihat serat halus

Penulis : Adi Gunawan Wicaksono

Dosen Pembimbing : Nikie Astorina Y. D, SKM., M. Kes