Tingkatkan Kesadaran Memakai Masker dan Melatih Kreativitas, Mahasiswa KKN Tim I Undip Mengajak Para Remaja Membuat Masker Sendiri.

Pandemi Covid 19 masih berjalan, namun banyak warga yang sudah mulai tidak mematuhi protokol kesehatan  5M yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Pencegahan yang wajib dan paling mudah apabila kita terpaksa untuk keluar rumah adalah dengan memakai masker. Masker merupakan penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh kita. Studi menunjukkan bahwa manfaat penggunaan masker yang benar, yaitu yang dikenakan menutupi hidung dan mulut bisa mengurangi semburan percikan.

Sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI, masyarakat disarankan untuk memakai masker kain ketika harus bepergian ke luar rumah, misalnya saat harus bekerja atau membeli kebutuhan bulanan. Masker kain tetap dapat menghalau sebagian percikan air liur (droplet) yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin. Jadi jika digunakan dengan benar, masker ini tetap dapat mengurangi penyebaran virus Corona di masyarakat, terutama dari orang yang terinfeksi virus namun tidak memiliki gejala apa pun.

Program ini diadakan dengan maksut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama RT 007 Kelurahan Jatiwaringin bahwa pandemi Covid 19 masih berjalan dan kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan. Selain itu program ini ditujukan untuk mengasah kreativitas masyarakat dan dengan begitu mereka dapat membuat bisnis berjualan masker sendiri dari hasil pelatihan ini.