KKN Undip Berikan Edukasi Copywriting Sebagai Cara Jitu Naikkan Branding Toko dan Penjualan Produk kepada Masyarakat Desa Taruman
Taruman, Grobogan – KKN Tim 1 Undip TA 2021/2022 di Desa Taruman memberikan edukasi Copy Writing sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan branding toko dan penjualan produk pada usaha dagang online. Dibantu oleh karang taruna Desa Taruman, edukasi ini ditujukan kepada masyarakat yang memiliki usaha dagang online.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan berbagai macam platform media sosial dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Di era saat ini, apapun dapat dilakukan dengan mengandalkan teknologi, contohnya adalah pemanfaatan media sosial sebagai platform edukasi.
Selain sebagai media untuk berekspresi maupun edukasi, saat ini media sosial juga telah banyak digunakan sebagai tempat bisnis online, seperti yang dilakukan oleh beberapa penduduk di desa Taruman.
Mayoritas pemilik usaha dagang online memasarkan produknya melalui sosial media WhatsUp, Instagram dan Facebook. Pelaku usaha kisaran unur 20-29 tahun dan sudah menguasai cara mengoprasikan sosial media dengan baik.
Dalam menjalanakan usaha dagang online, kemampuan yang diperlukan tak hanya keahlian dalam mengoprasikan media sosial saja, namun diperlukan juga kemampuan pemasaran yang jitu agar mampu bersaing dengan pelaku usaha dagang lain yang juga memanfaatkan media sosial.
Salah satu strategi pemasaran yang sekarang ini telah banyak digunakan untuk memasarkan produk di media sosial adalah dengan copy writing.
Copy Writing adalah salah satu teknik seni penulisan yang bertujuan untuk menarik pembaca dan menjadikannya tergerak untuk melakukan perintah yang diminta.
Di zaman yang serba teknologi digital seperti saat ini, copy writing masih dianggap sebagai suatu hal yang penting khususnya di dunia marketing atau pemasaran.
Edukasi dilaksanakan secara langsung kepada masyarakat dessa taruman yang memiliki usaha dagang online. Disini Mahasiswa mengambil 5 orang sebagai sasaran program. Mahasiswa memberikan booklet berisi materi tentang copywriting. Mahasiswa membantu mencari ide-ide untuk membuat copy sesuai produk yang ditawarkan.
Dengan Copywriting seseorang mampu membuat materi pemasaran yang mampu menarik dan membujuk audiens untuk melakukan berbagai tindakan yang memang diinginkan, seperti membeli suatu produk ataupun layanan.
Copywriting mampu meningkatkan efektifitas suatu promosi yang dapat meningkatkan penjualan, trafik pengunjung, hingga respon di sosial media.
Dengan adanya progam ini diharapkan mampu membantu menaikkan branding toko dan meningkatkan pemasaran produk di usaha dagang online masyarakat Desa Taruman. Selain itu program ini termasuk ke dalam SDGs no.8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
Lihat dokumentasi program KKN di sini
Penulis: Hanif Rahma Faradilla
DPL : Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes.