Metode Pengenalan Perpustakaan, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Story Telling: Transformasi Perpustakaan di TK Kedungwaduk 2

Kedungwaduk (27/01/2022) – Story telling merupakan seni yang dikemas melalui keterampilan bersyair, sebagai upaya untuk mengembangkan dan mengaktifkan aspek intelektual dalam diri setiap pendengar. Kegiatan story telling juga dapat digunakan sebagai metode untuk memperkenalkan ilmu dan pengetahuan baru. Dalam hal ini, story telling yang dilaksanakan oleh Siti Mas Fuah, mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, yang bertujuan untuk mengimplementasikan transfer knowledge melalui penyampaian cerita yang berfokus pada perkenalan perpustakaan, selain itu juga untuk meningkatkan minat kunjung bagi anak usia dini agar rajin berkunjung ke perpustakaan.

Foto kegiatan story telling

Story telling tersebut merupakan program kerja dalam rangka pelaksanaan KKN Universitas Diponegoro Tim 1 Tahun 2021/2022. TK Kedungwaduk 2 di Dusun Tegalrejo Rt. 05, Kelurahan Kedungwaduk, Kecamatan karangmalang, Kabupaten Sragen, menjadi sasaran atau target dalam peleksanaan program kerja story telling: Transformasi Perpustakaan. Kegiatan story telling: Transformasi Perpustakaan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dialami oleh murid-murid TK Kedungwaduk 2 terkait dengan belum terbentuknya pengetahuan tentang peran dari sebuah perpustakaan.

Pengimplementasian transfer knowledge melalui kegiatan story tellling menceritakan terkait dengan transformasi perpustakaan yang meliputi perkembangan perpustakaan mulai dari masa Sumeria, masa babylonia, masa Mesir, masa Yunani, masa Byzantium, masa Arab, masa Renaissance (Eropa), hingga pada akhirnya perpustakaan mulai mendunia, dan bertransformasi ke format digital. Adapun hal lain yang turut disampaikan dalam story tellling tersebut, yaitu terkait dengan alat dan bahan yang digunakan untuk menulis pada masa lampau. Alat dan bahan tersebut meliputi papyrus atau sejenis rumput yang tumbuh di sekitar sungai Nil, vellum atau kulit hewan muda,dan mesin cetak yang dikembangkan oleh Gutenberg.

Kegiatan tambahan lainnya turut dilaksanakan untuk mendukung pemahaman murid-murid TK Kedungwaduk 2 terkait ajakan untuk berkunjung ke perpustakaan, dengan menonton bersama cerita animasi berjudul “Hari Kunjung Perpustakaan” (https://youtu.be/cgykP-VB0EE) Muird-murid TK Kedungwaduk 2 juga diberikan permainan paper puzzle art yang telah disiapkan sebelumnya.

Foto menonton bersama cerita animasi berjudul “Hari Kunjung Perpustakaan”

Pemilihan cerita bertemakan transformasi perpustakaan dari masa lampau hingga masa kini yang disampaikan secara komunikatif dan interaktif, mengacu pada salah satu tujuan dari SDGs (Sustainable Development Goals) atau pembangunan berkelanjutan, yaitu mendukung pendidikan desa yang berkualitas dengan optimalisasi kegiatan transfer knowledge.

Penulis                       : Siti Mas Fuah (Mahasiswi S1 Ilmu Perpustakaan)

Dosen Pembimbing : Muhyidin S. Ag., M.Ag., M.H.

Lokasi KKN               : Dusun Tegalrejo, Kelurahan Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.