Meningkatkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Peran Digital Marketing
perkembangannya Teknologi melesat cukup tinggi serta adanya pandemic covid sehingga mempengaruhi seluruh sektor kehidupan terutama pada sektor ekonomi. Teknologi masa kini mengubah perilaku individu menjadi pribadi yang senang dengan sesuatu yang praktis atau simple. Terutama dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial pada saat ini juga mempengaruhi masing – masing penggunanya dalam berbagai aspek.
Tercatat bahwa 61,8% dari total populasi di Indonesia menggunakan media sosial sehingga dapat diartikan bahwa separuh lebih dari penduduk di Indonesia sudah aktif menggunakan sosial media. Sosial media tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi antar individu atau sekedar mengunggah foto ataupun video, namun saat ini media sosial sudah menjadi ajang persaingan dalam pemasaran suatu produk. Tak sedikit UMKM memasarkan produknya secara online melalui platform – platform tertentu seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain – lain.
Pemasaran juga dilakukan secara tertata mulai dari informasi produk, informasi harga, alamat toko, sampai dengan info kontak UMKM tersebut. Hal ini jelas memudahkan calon – calon konsumen dalam mencari barang sesuai kebutuhannya.
Kegiatan sosialisasi digital marketing kepada umkm yang terdapat di desa Gunungpati ini diharapkan bermanfaat bagi pemilik umkn karena masih kurangnya pemahaman dan pentingnya melakukan penjualan dengan menggunakan teknologi digital memasarkannya melalui e commerce,
Pada 25 januari 2022, Mahasiswa Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi guna mengedukasi UMKM terutama pada RT 03 Kel. Gunungpati, Kec. Gunungpati mengenai pemasaran dalam Digital Marketing. Sosialisasi ini dilakukan secara door to door UMKM pada RT 03 Kel. Gunungpati, Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi dari sebuah brand atau produk yang menggunakan media digital atau internet.
Tujuan dari digital marketing ini sendiri ialah untuk menarik calon konsumen secara cepat karena penggunaan internet yang tinggi dan luas saat ini sehingga sangat memungkinkan untuk menarik konsumen secara luas. Dalam sosialisasi ini juga disebutkan mengenai kelebihan dari digital marketing yakni kecepatan penyebaran informasi produk yang dipasarkan, kemudahan evaluasi pemasaran, jangkauan yang lebih luas, membangun nama brand, serta efektif dan memakan biaya yang sedikit.
Dalam sosialisasi, dijelaskan mengenai jenis – jenis digital marketing yakni terdapat website, social media marketing (menggunakan platform Shopee, Tokopedia, Lazada, Zalora dan medis sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tik Tok dan lain – lain). Cara memulai digital marketing juga turut dijelaskan agar para UMKM dapat memanfaatkan pemasaran secara digital ini sebaik – baiknya. Dengan adanya sosialisasi digital marketing ini diharapkan dapat membantu dan menambah penghasilan dari para pelaku UMKM di sector ekonomi khususnya di era pandemic Covid-