SOLUTIF! Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2022 Membagikan Modul Pembelajaran dan Membantu Pembelajaran Siswa SD Di Tengah Pandemi

Mlatiharjo, Semarang Timur (02/02/2022) – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia selama hampir 2 tahun memberi dampak yang cukup besar kepada berbagai aspek kehidupan mulai dari aspek kesehatan, perekonomian hingga kepada pendidikan. Dengan adanya pandemi tersebut mengakibatkan sistem pembelajaran di sekolah harus dilaksanakan secara daring. Proses pembelajaran daring tersebut tentu saja memiliki dampak kurang maksimalnya penyampaian materi oleh guru dan juga penerimaan materi oleh siswa. Terlebih lagi siswa SD yang mana pada dasarnya masih membutuhkan pendampingan secara langsung dalam proses belajarnya.

Pembagian Modul Pembelajara Matematika SD

Kondisi tersebutlah yang mendasari pengadaan program pembuatan Modul Pembelajaran Matematika bagi siswa sekolah dasar. Materi yang disusun disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari oleh siswa SD di sekolahnya.

Pelaksanaan program pembagian modul pembelajaran ini dilakukan kepada siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar yang berada di RW 01 Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang pada hari Rabu 1 Februari 2022. Tidak hanya membagikan modul kepada siswa-siswi, namun saya sebagai pelaksana program tersebut juga memberikan jasa pengajaran terkait dengan Modul Pembelajaran yang disusun.

Bimbingan Belajar Kepada Anak-Anak

Siswa-siswi yang menghadiri kegiatan tersebut sangat antusias menyambut program ini. Mereka menyampaikan terimakasih karena merasa cukup terbantu dengan modul pembelajaran matematika yang dibagikan serta pengajaran dan penjelasan yang diberikan. Bahkan anak-anak tersebut meminta kegiatan bimbingan pembelajaran dapat dilakukan kembali. Karena antusias yang sangat baik dari anak-anak di RW 01, akirnya kegiatan bimbingan belajar kembali dilakukan kembali di Hari Rabu dan Jumat di minggu berikutnya.

Penulis berharap agar Modul Pembelajaran Matematika yang dibagikan serta jasa bimbingan belajar yang diberikan dapat membantu para siswa dalam memahami materi pelajaran khususnya matematika secara lebih jelas dan tidak lagi memiliki anggapan bahwa Pelajaran Matematika adalah suatu pelajaran yang menakutkan.